Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 87 orang kontingen Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) X Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, ditargetkan bisa meraih prestasi masuk tiga besar.

Ketua Rombongan FASI HSS, Muhammad Thalib, di Kandangan,  Kamis mengatakan target ini sesuai dengan pencapaian FASI IX di Kandangan tahun 2014, kontingen HSS berada di posisi tiga besar, minimal bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan.

"Kontingen HSS terdiri dari 45 peserta lomba dan 42 orang pendamping dari pelatih dan panitia, akan mengikuti 18 cabang lomba di ajang FASI X tingkat Provisi Kalimantan Selatan di Asrama Haji, Banjarbaru dari tanggal 6-9 Juli 2017," katanya.

Dikatakannya, sebanyak 45 orang peserta akan mengikuti 18 cabang dari 19 cabang yang di pertandingkan, 1 cabang tidak bisa ikut karena terelemenasi ketika verfitifikasi data, ditemukan ada usia santri yang melebihi ketentuan Juklak FASI, yaitu Tartil TKA Putra dan Putri.

Koordinator Lomba M. Ubaidilah menuturkan semua peserta lomba telah melakukan persiapan dengan melakukan pertemuan teknis selama tiga bulan baik di tingkat kabupaten dan kecamatan.

Diharapkan dengan persiapan matang, para peserta dapat tampil maksimal dengan kemampuan terbaik masing-masing dan bisa membawa nama baik Kabupaten Hulu Sungai Selatan baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Dijelaskan untuk usia anak peserta lomba TKA dari umur 6 tahun ke bawah, lomba TPA dari umur 7 tahun hingga 12 tahun, dan untuk lomba TQA umur 12 tahun hingga 15 tahun.

Dari pengalaman lomba sebelumnya, kontingen HSS berhasil meraih medali juara di ditingkat nasional untuk lima cabang lomba antara lain Nasyid, azan, tartil, ceramah bahasa Indonesia dan tilawah.

Bupati Hulu Sungai Selatan Achmad Fikry mengucapkan selamat jalan dan berjuang untuk kontigen HSS dalam meraih prestasi terbaik di ajang FASI X.

"Pertahankan prestasi tiga besar yang telah kita raih di tahun 2014 dimana kita jadi tuan rumah FASI IX, kalau bisa ditingkatkan lagi, jaga kesehatan dan kekompakan,"katanya.

Selain itu, Fikry juga mengharapkan pihak yang terlibat selalu memperhatikan kedisiplinan atau ketepatan waktu datang peserta ketempat pelaksanaan saat melepas Kontigen FASI X HSS, Kamis (6/7)  di depan Mushala As- Syifa Setda.

Turut berhadir dalam pelepasan Kontingen FASI X, Wakil Bupati HSS Ardiansyah, Sekda HSS Ardiansyah, Ketua Tim Penggerak PKK HSS Isnaniah, Kepala Kantor Kementerian Agama HSS Matnor dan Para Kepala SKPD.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017