Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan selama liburan Lebaran 2017 rata-rata 1.500 per hari.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotabaru Khairian, di Kotabaru, Kamis, mengatakan jumlah kunjungan wisatawan tersebut terjadi pada dua objek wisata Pantai Gedambaan atau Sarang Tiung, dan Air Terjun Tumpang Dua.

"Sedangkan kunjungan wisatawan ke objek wisata Hutan Meranti di Sebelimbingan, Pulaulaut Utara, datanya belum masuk ke Disbudpar Kotabaru," katanya pula.

Objek wisata bernuansa hutan dan kebun binatang tersebut masih dalam kewenangan Badan Lingkungan Hidup Kotabaru.

"Kalau dilihat kunjungan wisata ke Hutan Meranti cukup banyak, tidak kalah dengan kunjungan di Pantai Gedambaan dan Tumpang Dua," ujar Rian pula.

Selain Pantai Gedambaan, Air Terjun Tumpang Dua, dan Hutan Meranti, objek wisata di Kotabaru yang dipadati pengunjung usai lebaran adalah Pemandian Air Panas di Sigam.

Pengunjung dari Kotabaru dan luar Kotabaru banyak yang menghabiskan waktu untuk mandi dan berenang di pemandian air panas Sigam.

Rian mengemukakan, berdasarkan data di lapangan kunjungan wisata pada dua objek wisata di Kotabaru, yakni Pantai Gedambaan dan Air Terjun Tumpang Dua hingga Rabu (28/6) sudah mencapai 9.000 orang.

"Sejak lebaran kunjungan terbanyak terjadi sehari setelah Idulfitri mencapai kisaran 5.000 pengunjung, dan diharapkan pada akhir pekan Sabtu dan Minggu kembali meningkat," katanya pula.

Disbudpar Kotabaru memasang target kunjungan wisatawan selama liburan lebaran kali ini sebanyak 10.000 orang.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017