Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 16 desa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, mendapatkan program penyediaan air bersih dan pembangunan sanitasi melalui program Pansimas III 2017.

Kepala Dinas Perumahan dan KPLH Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Risnady di Amuntai, Kamis mengatakan, pelaksanaan program Pansimas III di 2017 ini akan menyasar sebanyak 16 desa reguler baru HSU, dengan alokasi anggaran sebesar Rp3,4 miliar lebih.

Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Menurut Risnady, penandatangan perjanjian kerja sama pelaksanaan program tersebut telah dilaksanakan di Aula Dinas Perumahan dan KPLH pada Rabu (21/6) oleh Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) desa sasaran program dengan disaksikan koordinator Pansimas HSU serta Kepala Dinas perumahan dan KPLH HSU.

"Melalui penandatangan perjanjian kerja sama pelaksanaan program Pansimas III tahun 2017 tercipta komitmen bersama untuk pelaksanaan pekerjaan fisik dan nonfisik," katanya.

Risnaidy mengatakan, dengan adanya penandatangan perjanjian juga terpenuhi aspek legalitas sehingga proses pencairan dan penyerapan dana BLM Program Pansimas III di Kabupaten HSU bisa dilakukan.

Ia juga berharap, terjadi peningkatan pemahaman dari pihak KKM tentang tugas dan tanggung jawab serta mekanisme pencairan anggaran dan pengelolaannya.

Peserta yang hadir dalam acara penandatangan perjanjian yakni perwakilan KKM sebanyak dua orang per desa sasaran dan satuan pelaksana terdiri koordinator KKM dan ketua satuan pelaksana (satlak).

Adapun 16 desa yang menjadi desa reguler baru penerima Program Pansimas III di Kabupaten HSU sebanyak 5 buah desa di Kecamatan Banjang yakni Desa Patarikan, Banjang, Pawalutan, Kalintamui dan Palanjungan sari.

Selanjutnya dua desa di Kecamatan Danau Panggang yakni Desa Sungai Namang dan Pandamaan. Dua desa di Kecamatan Sungai Pandan (Alabio) yakni Rantau Karau Raya dan Rantau Karau Tengah.

Dua desa di Kecamatan Haur Gading yakni Desa Tambak Sari Panji dan Tuhuran. Kecamatan Babirik juga dua desa yakni Desa Babirik Hulu dan Hambuku Hilir.

Sedangkan di Kecamatan Amuntai Utara ada Desa Padang Basar dan Murung Karangan, namun Kecamatan Amuntai Selatan hanya satu desa penerima program pansimas yakni Desa Murung Sari.

Pewarta: Edy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017