Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Jajaran Kepolisian Resor Kotabaru bersama Badan Narkotika Kabupaten (BNK), melakukan tes urine terhadap anak buah kapal dan operator kapal cepat di Pelabuhan Panjang Kotabaru, Kalimantan Selatan.

"Tes urine terhadap awak kapal dan operator speedboat adalah salah satu upaya untuk memastikan keselamatan transportasi di laut selama arus mudik," kata Kapolre Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi H Suhasto, di Kotabaru, Rabu.

Menurut Kapolres, kondisi awak kapal atau operator speedboat yang sehat dan tidak mengonsumsi narkoba adalah modal utama bagi keselamatan para pemudik selama dalam perjalanan.

"Kita berharap pemudik bisa lebih aman dan nyaman selama dalam perjalanan di laut, sehingga keinginan untuk bisa berlebaran dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman bisa terwujud," terangnya.

Terpisah, Ketua Badan Narkotika Kabupaten Kotabaru Burhanuddin mengemukakan, tes urine terhadap awak transportasi adalah salah satu upaya pemerintah untuk memastikan bahwa para mudik akan aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

Ia berharap para pemudik bisa selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul bersama keluarga berlebaran di kampung halaman.

Selain melakukan tes urine bagi anak buah kapal (ABK) dan operator speedboat, Polisi perairan juga memeriksa alat keselamatan kapal atau speedboat yang wajib disiapkan selama dalam pelayaran.

"Kami juga meminta operator speedboat dan kapal antar pulau untuk menyiapkan jaket pelampung sesuai jumlah penumpang," tambah Kasat Polair Polres Kotabaru AKP Toni Hartono.

Sementara itu, di lokasi Pelabuhan Panjang Kotabaru tampak belasan awak kapal antarpulau dan speedboat tengah antre dalam pemeriksaan urine masing-masing.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017