Batulicin (Antaranews Kalsel) - Perusahaan pelayaran PT Dharma Lutan Utama Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, memberikan diskon khusus hingga 40 persen untuk penumpang bersepeda motor pada arus mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.


Kepala PT Dharma Lautan Utama Cabang Batulicin, Saleh, di Batulicin, Rabu, mengatakan, menjelang Hari Raya Idul Fitri sampai hari H-nya, pihaknya memberlakukan diskon 40 persen dari harga normal Rp400 ribu menjadi Rp240 ribu.

"Diskon tersebut khusus untuk kendaraan roda dua dengan tujuan menghindari potensi kecelakaan lalu lintas di jalan raya, di mana pada saat H-7 angkutan besar truk-truk barang sudah mulai sepi di Pulau Jawa," katanya.

Dia berharap, pemudik bersepeda motor bisa memilih berangkat mulai H-7, selain harganya murah juga meminimalisir ancaman kecelakaan akibat padatnya jalan raya di beberapa kota dengan truk-truk besar.

Ia mengatakan, selain tujuan pemberian diskon juga untuk memberikan kesempatan kepada para pemudik untuk bisa menggunakan kendaraan pribadinya di kampung halaman sehingga mempermudah mobilitas penumpang dari pelabuhan menuju kampung halaman.

Sedangkan untuk tiket penumpang, Dharma Lautan Utama Batulicin akan menerapkan tarif progresif mulai 23 Juni sebesar 30 persen dari harga normal Rp320 menjadi Rp416 ribu.

Penerapan harga tiket murah jauh-jauh hari sebelum lebaran itu dimaksudkan untuk mengurai kepadatan penumpang yang biasa terkonsentrasi saat mendekati lebaran.

Sementara itu untuk kapal yang disiapkan oleh PT Dharma Lautan Utama yakni KM Kirana dan Kirana IX, berdasarkan data terakhir pemesanan tiket online, hingga H-2 lebaran setiap keberangkatan terisi 40 persen dari kapasitas penumpang kapal Dharma Lautan Utama yang mencapai 700 orang.

"Kami berharap Kementerian Perhubungan pusat agar bisa menambah dispensasi penumpang 30 persen guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang," tuturnya. 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017