Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Banjarmasin Tengah, menyebar spanduk imbauan terkait mudik tenang di wilayah kota setempat.
     
"Spanduk imbauan ini kami pasang di lima  titik yang mudah dilihat oleh masyarakat umum, seperti di simpang empat jembatan merdeka dan simpang sudimampir," kata Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Uskiansyah di Banjarmasin, Kamis.
     
Dia mengatakan, dalam spanduk imbauan itu masyarakat bisa menitipkan rumah mereka yang ditinggal mudik lebaran
      
Namun, sebelumnya harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut pemudik harus mematikan semua aliran listrik di dalam rumah, pastikan tidak ada kompor yang menyala, pastikan kran air sudah mati, titip atau beritahukan kepada tetangga kanan kiri atau yang terdekat.
      
Selanjutnya, pemudik juga harus memberitahukan kepada ketua RT setempat dan tetangga kiri dan kanan kalau rumah ditinggal mudik.
      
Uski juga mengatakan, pemudik juga bisa menitipkan sepeda motor dan mobilnya ke Polsekta dengan membawa foto copy STNK, foto copy KTP, dan kelengkapan lainnya.
      
"Setiap harta benda yang mereka titipan akan kami buatkan berita acaranya dan tidak ada batas waktu penitipan, serta sifatnya gratis tidak dipungut bayaran," tutur perwira yang akrab dengan awak media itu.
     
Terua dikatakannya, pihaknya juga akan terus meningkat patroli di kawasan-kawasan rumah warga yang ditinggal mudik lebaran oleh pemiliknya.
     
Semoga masyarakat aman dan nyaman dalam menjalani mudik lebaran, hati-hati di jalan dan waspada kejahatan selalu ada di mana-mana periksa barang bawaan serta jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan saat mudik, demikian Uski.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017