Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Kantor Badan Search and Rescue (SAR) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Abram Benyamin Kolimon mengatakan, institusi yang dipimpinnya siap memberi bantuan penanganan kecelakaan lalu lintas.

"Jika dulu Basarnas identik hanya melakukan pencarian dan pertolongan, tetapi sekarang bisa memberi bantuan penanganan kecelakaan lalu lintas," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya sangat siap membantu kepolisian dalam menangani kecelakaan lalu lintas jalan raya apalagi bertepatan arus mudik yang diimbangi meningkatnya potensi kecelakaan.

Dijelaskan, peralatan yang dimiliki siap diturunkan membantu menangani kecelakaan lalu lintas seperti korban yang terjepit dalam kendaraan maupun korban luka-luka lainnya.

"Seluruh peralatan siap diturunkan dan kami punya alat khusus yang bisa memotong besi untuk menyelamatkan korban terjepit dalam mobil maupun peralatan lainnya," ucap dia.

Menurut dia, Kantor Basarnas Banjarmasin yang terletak di Jalan A Yani Km 28 Kota Banjarbaru memiliki sarana prasarana dan peralatan penanganan kecelakaan lalu lintas yang canggih.

Selain itu, diperkuat 89 personel yang tersebar pada sejumlah kabupaten dan kota baik di Provinsi Kalsel maupun Kalteng yang merupakan wilayah kerja Basarnas Banjarmasin.

"Peralatan yang dimiliki seperti alat SAR darat mobil ATV, mobil lengkap peralatan, mobil airboat pertolongan di muara, sepeda motor, hingga kapal laut berbagai ukuran," ujarnya.

Selain itu, memiliki 12 perahu karet dan 8 buah diletakkan di kantor SAR sisanya di pos kantor SAR yang berada di Kabupaten Kotabari, Kota Sampit, Tanjung dan Kota Pangkalanbun.

"Seluruh peralatan itu siap diturunkan untuk memberikan pertolongan kepada siapa pun dan personel selalu siap untuk datang ke lokasi saat dipanggil guna memberi bantuan," kata dia.

Dikatakan, seluruh personel Basarnas Banjarmasin ikut siaga menjelang Idul Fitri sejak H-7 hingga H+7 membantu tim terpadu yang melibatkan berbagai unsur untuk memberikan pelayanan mudik.

"Seluruh personel kami siagakan dan mereka memiliki kemampuan individu maupun tim yang baik sehingga bisa memberikan bantuan kapan saja dan dimana saja," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017