Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mendeklarasikan gerakan menolak radikalisme dalam upaya memelihara dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat di provinsi setempat.

Penandatanganan deklarasi dilakukan gubernur bersama Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Mako Brimob Polda Kalsel di Banjarbaru, Senin.

"Kami tegaskan seluruh komponen masyarakat Kalsel anti radikalisme dan bersatu menolak gerakan radikalisme yang merongrong kedaulatan bangsa dan negara," ujar gubernur.

Menurut gubernur tujuan deklarasi adalah menolak keberadaan kelompok radikalisme dengan segala bentuk aktivitasnya karena tidak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

"Kami bertekad menciptakan dan menjaga suasana aman dan nyaman dari segala bentuk gangguan di Kalsel. Ini demi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Ditegaskan, segenap komponen masyarakat Kalsel harus mampu bersatu mencegah potensi masuknya paham radikalisme dan kegiatan lain yang bisa mengganggu ketenangan masyarakat.

Ia mengatakan, deklarasi penolakan gerakan radikalisme itu untuk mencegah masyarakat Kalsel terlibat dalam aksi dan gerakan yang merusak suasana tenang, dan kondusif yang sudah terpelihara.

"Deklarasi yang sudah ditandatangani seluruh pimpinan pemangku kepentingan itu merupakan wujud komitmen dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia," tegasnya.

Menurut dia, potensi munculnya gerakan radikalisme di Kalsel relatif kecil karena masyarakatnya yang agamis dan memelihara toleransi antarsuku, agama maupun golongan.

"Kehidupan masyarakat Kalsel yang religius dan mengutamakan kedewasaan dalam berpikir maupun bertindak, kami nilai sebagai pertanda gerakan radikal di Kalsel kecil potensinya," ujar dia.

Dikatakan, pihaknya memercayakan kepada aparat penegak hukum untuk mencegah munculnya paham maupun tindakan radikalisme yang setiap saat bisa muncul dan tumbuh di masyarakat.

"Kami yakin aparat penegak hukum mampu menangkal gerakan radikalisme tetapi harus dibantu masyarakat yang memberikan informasi apabila melihat atau mengetahui potensinya," kata dia.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017