Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Gerakan Pemuda Ansor  Kabupaten Hulu Sungai Selatan menggelar silaturrahmi dan dialog kebangsaan dirangkai buka puasa bersama bertempat di Langgar Nurul At Taqwa, desa Asam, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Senin (19/6) sore.

Ketua GP Ansor HSS, Muhammad Supian Tauri mengatakan dialog kebangsaan dengan tema "merawat tradisi, transformasi kepemimpinan dan memperkokoh NKRI dengan semangat pancasila berlandaskan Hubbul Wathon", kerjasama GP Ansor HSS dan bersama Banser Nahdatul Ulama HSS.

Ketua NU Kabupaten  HSS, KH. Khairani, dalam tausiyahnya mengatakan bahwa GP. Ansor membentengi ulama-ulama dan  mempertahankan ideologi negara Pancasila dengan memberikan masukan agar tidak menyebutkan syariat karena tidak semua penduduk Indonesia merupakan beragama Islam.

Menurut dia, hal ini karena Syariat Islam tidak pasti dijalankan untuk negara Islam, untuk NKRI berisi 17 ribu pulau dengan berbagai macam etnis, suku dan agama, ini bila dipaksakan akan menjadi hancur, contoh seperti Suriah, Irak, dan ini berasaskan Islam.

"Ulama Afganistan belajar ke Indonesia kepada NU pada tahun 2013, ini contoh untuk persatuannya. NU mengerti tidak mesti negara diubah menjadi Khalifah,"katanya.

Dikatakan dia,  belajar Islam yang ramah yakni dengan akhlak yang mulia, serta tidak untuk propaganda, Islam bukan teroris, Islam merupakan rahmatan lil alamin, bukan jihad yang diartikan sebagai perang, karena bisa saja jihad mengadakan suatu kegiatan yang seperti dilakukan oleh GP. Ansor HSS melalui  Dialog Kebangsaan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Efran menyampaikan pesan Bupati HSS, H Achmad Fikry agar bersama-sama  merawat hasil pembangunan, serta pada 17 Juni 2017 merupakan 4 tahun masa jabatan sebagai Bupati atas mengucapkan terima kasih atas partisipasi masyarakat dalam membangun Kabupaten HSS.

Menurut dia, Pengurus Cabang Ansor Kabupaten  HSS perlu bersinergi dengan Kesbangpol, dengan mengharapkan semangat persatuan tetap di jaga dan terus memupuk tali silaturrahim.

"Kami akan terus mendukung program Anshor di Kabupaten HSS serta melalui ajang silaturrahim dan dialog ini untuk kemajuan pembangunan Kabupaten HSS,"katanya.

Turut berhadir dalam kegiatan ini  Waka Polres HSS, Kompol Arief Himawan, Kapolsek Sungai Raya Ipda Samsi, Camat Sungai Raya Susilo Adiyanto, Pembakal Desa Asam Tamiang Ichwan Mu'ani, Pengurus Anshor Tapin, Pengurus  Anshor HSU, tokoh agama, masyarakat dan pemuda desa Asam.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017