Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Kalsel, Nyoman Wiwiek Yuladewi mengingatkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang mudik berlebaran jangan lupa membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS) supaya mendapatkan pelayanan bila sewaktu-waktu harus berobat.

Dengan membawa kartu, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Prosedurnya, tambah dia, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun nondarurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

"Kebijakan tersebut berlaku sejak 19 Juni sampai 2 Juli 2017 sehingga peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik atau telah ke tujuana, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat," katanya.

Kemudahan tersebut, tambah dia, sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017.

"Para peserta JK) yang sedang mudik pada lebaran tahun ini dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana," katanya.

Ketika mudik, masyarakat diimbaunya selalu membawa KIS, Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Askes atau Kartu Jamkesmas.

Pelayanan tersebut, tambah dia, hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dengan status Kepesertaan aktif.

"Karena itu, saya mohon peserta memastikan telah membayar iuran dan berdisiplin agar status kepesertaannya selalu aktif," katanya.

Untuk mengecek iuran peserta bisa melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500400.

Memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan telah menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat didownload secara gratis di Google Play Store melalui perangkat Android.

Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab, info, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

"Selama libur lebaran 2017, masyarakat juga tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 untuk mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, informasi tentang pengaduan, konsultasi kesehatan, memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS (mutasi dan aktivasi), serta mengetahui perhitungan denda pelayanan.

Layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500400 hadir 7x24 jam, sementara khusus layanan konsultasi kesehatan dapat diperoleh pada Senin sampai Jumat pukul 07.00-20.00 WIB.

Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran biaya dari peserta.

"BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di delapan titik padat pemudik kota-kota besar yang digelar pada 21-24 Juni 2017 tersebut menyedikan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialisasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik," katanya.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017