Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, Nadjmi Adhani mengatakan pihaknya telah menyebar beberapa alat fitnes di taman maupun di beberapa lokasi terbuka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin berolahraga gratis.


Menurut Nadjimi di Banjarmasin Kamis, program tersebut dilakukan, sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan masyarakat tetap bugar.

"Melalui alat fitnes gratis yang kami taruh di beberapa lokasi tempat warga berkumpul, diharapkan akan mampu mendorong keinginan masyarakat untuk beroalahraga," katanya.

Upaya tersebut, tambah dia, dinilai cukup berhasil, terbukti banyak masyarakat yang secara bergantian memanfaatkan alat olahraga tersebut, terutama pada saat libur.

Tentang kekhawatiran alat tersebut hilang, menuru Wali kota, saat kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan sudah tumbuh, maka warga akan mempunyai rasa memiliki dan menjaga segala fasilitas yang tersedia.

Saat ini, pemerintah terus berupaya mengkampanyekan hidup sehat bagi seluruh masyarakat, melalui berbagai program dan peningkatan fasilitas umum.

"Kita akan terus menambah taman dan fasilitas terbuka hijau, agar masyarakat memiliki banyak alternatif untuk bisa bersantai bersama keluarga, terutama pada saat libur," katanya.

Begitu juga dengan taman bermain bagi, anak juga akan terus ditingkatkan fasilitasnya, sehingga anak-anak bisa menikmata masa bermainnya dengan lebih bahagia.

Bukan hanya itu, tambah dia, kini pemerintah juga terus berupaya merehabilitasi beberapa perkampungan kumuh, menjadi lokasi yang indah, seperti adanya Kampung Pelangi.

Kampung Pelangi, sebelumnya merupakan kawasan kumuh dan sebagian besar masyarakatnya adalah kurang mampu, namun kini setelah kampung tersebut disulap menjadi kampung pelangi, yang dicat dengan warna-warni, indah dan bersih, kini kampung tersebut menjadi salah satu daerah tujuan wisata.

Upaya-upaya tersebut, tambah dia, kini Banjarbaru telah ditetapkan menjadi kota layak anak di Kalsel dan ditetapkan sebagai kota yang Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tertinggi di Kalsel.

Ditetapkannya Banjarbaru sebagai kota layak anak, secara otomatis, berbagai persoalan yang ada di kota tersebut, bisa diselesaikan dengan baik.***4***



(T.U004/B/E001/E001) 15-06-2017 09:10:07

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017