Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Datangnya bulan puasa nampaknya tak menyurutkan niat para Aparatur Sipil Negara (ASN)  di lingkungan Pemerintah Kabupaten  Barito Kuala, Kalimantan Selatan  untuk beraktivitas.


Buktinya, memasuki hari ke- 10 Ramadhan 1438,  mereka tetap melaksanakan upacara bendera, di halaman Kantor Bupati setempat, Senin (5/6) .  

Tak hanya itu, usai upacara, para ASN juga mengikuti kegiatan kuliah tujuh menit (kultum) berupa tausyiah yang diselenggarakan di Aula Selidah Kantor Bupati Batola.

Ustadz Fitmanudin SAg dalam tausyiahnya mengupas tentang keutamaan amaliyah di bulan suci Ramadhan.

Dari sekian banyak amaliyah tersebut, katanya, terdapat beberapa yang utama sampai-sampai orang yang melaksanakannya dirindukan oleh syurga.

Amaliyah-amaliyah itu, sebut Kepala KUA Kecamatan Bakumpai itu, yakni selain berpuasa itu senciri juga membaca Al-Qur’an, membukakan orang yang berpuasa, serta merekaa-mereka yang menjaga lisan.


Lebih jauh dikatakan, puasa merupakan kewajiban sebagai bukti pengabdian selaku hamba Allah swt dan umat Rasulullah saw.

Bulan Ramadhan, sebutnya, merupakan bulan satu-satunya diberikan kepada umat Islam tanpa dimiliki umat-umat lainnya.

Itu karena, sebut ustadz, Islam merupakan agama rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi sekalian alam) yang diridhai Allah.

Fitmanudin juga mengutarakan, Ramadhan disebut Syaidussyuhur (penghulunya bulan) yang penuh berkah. Mengingat di bulan Ramadhan segala amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah swt.

“Karena itu, sangat tepat bagi umat Islam untuk menegakkan ibadah puasa. Mengingat jenis ibadah inilah yang akan menyelamatkan dari api neraka dan dimasukkannya seseorang ke dalam surga,” tegasnya.


Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017