Balangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila, dipimpin oleh Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah, Senin (5/6).

Meskipun dalam suasana Bulan Suci Ramadhan, namun tidak mengurangi partisipasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup pemerintahan setempat untuk berhadir sebagai peserta upacara.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo, sebagaimana dibacakan pembina upacara, Wakil Bupati H Syaifullah menyampaikan, bahwa Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945 silam.

Berbagai proses harus dilewati, diantaranya menjadi piagam jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945 dan juga penetapan Undang-Undang Dasar yang juga finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945.

"Hal tersebut menyatakan bahwa sebenarnya takdir atau kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Tuhan menakdirkan kita dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman," jelasnya.

Keberagaman dimaksud berupa Etnis, Bahasa, Adat, Agama dan Kepercayaan, dan golongan yang pernah berjuang bersama-sama hingga bersatu padu membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) " Itulah ke-Bhineka Tunggal Ika-an kita" tuturnya.

Dengan makna hari lahir Pancasila ia berharap, semoga setiap warga negara, khususnya warga "Bumi Sanggam" mampu tetap bersatu ditengah keberagaman, hidup saling tolong menolong serta menghormati, dan tetap memupuk gotong royong antar suku, agama, adat, ras dan golongan yang ada.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017