Pelaihari,(Antaranews Kalsel) - Untuk menunjang hasil pertanian di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut telah membagikan sebanyak 1.200 buah handtraktor kepada kelompok tani yang tersebar di daerah tersebut.
     
"Hingga tahun 2017 ini jumlah handtraktor yang kita bagikan kepada kelompok tani sebanyak 1.200 buah," kata Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Kamis (1/6).
     
Menurut dia, tidak hanya handtraktor yang sudah diberikan kepada kelompok tani, Pemkab Tanah Laut juga telah membagikan bantuan alat dan mesin pertanian lainnya seperti,  pompa iar dan mesin perontok padi maupun lainnya.
     
Bahkan, sebut dia, dalam upaya peningkatan produksi hasil pertanian baik itu padi, jagung dan tanaman lainnya Pemkab Tanah Laut juga telah berencana membangun embung di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kintap pada tahun anggaran 2018 mendatang.
     
Tidak hanya itu saja, sebut bupati, pembangunan jalan tani juga menjadi perhatian Pemkab Tanah Laut, agar angkutan hasil pertanian lebih cepat dan murah.
     
Dengan adanya bantuan peralatan dan mesin pertanian, perbaikan infrastruktur di bidang pertanian, jelas dia, mak hasil panen padi yang hanya bisa setahun sekali menjadi lebih meningkat dua kali dalam setahunnya.
     
Begitu juga dengan produksivitas lahan, ucapnya, dapat lebih meningkat lagi dari 5 ton per hektare meningkat menjadi delapan sampai 10 ton per hektare.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, meningkatnya hasil produksi pertanian di daerah itu,  tentunya berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan para petani.
     
Dia meminta, kepada kelompok tani untuk menjaga handtraktor maupun alat dan mesin pertanian yang sudah diserahkan kepada masing-masing kelompok tani, sehingga dapat memberikan manfaat positif bagi peningkatan produksi hasil pertanian.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017