Balangan, (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, kembali mendapatkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017.

Kepala Dinas Pertanian setempat, Ir Tuhalus, Alsintan kali ini tidak akan dibagikan kepada kelompok tani, namun akan dikelola oleh brigade pertanian kecamatan, yang merupakan kumpulan dari beberapa kelompok kerja (Pokja). 

"Alsintan ini akan dikelola oleh para pokja yang tergabung di brigade pertanian kecamatan, sehingga para petani tinggal memesan atau meminta untuk penggarapan lahan. Selanjutnya Brigade Kecamatan akan menyerahkan kepada pokjanya dalam hal tekhnis penggunaan alsintan demi kebutuhan petani," jelasnya.

Dengan dikelola oleh para brigade kecamatan tambah Tuhalus, diharapkan perawatan serta kesempatan para petani untuk menggarap lahan menggunakan alsintan lebih terkoordinir.

Untuk Alsintan kali ini sebut Tuhalus, akan dibagikan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Juai dan Paringin Selatan. Pun begitu, petani dari kecamatan lain sementara tetap bisa meminta bantuan, sambil menunggu seluruh kecamatan mempunyai brigade pertanian kecamatan masing-masing.

"Rencananya seluruh kecamatan akan mempunyai brigade pertanian, yang mengelola alsintan tersebut. Namun untuk membentuk brigade tersebut setidaknya kita harus memiliki tempat pergudangan penyimpanan alsintan yang akan dianggarkan melalui APBD," imbuhnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017