Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan segera membenahi beberapa titik drainase di wilayah Banjarbaru untuk mengantisipasi banjir tahunan yang terjadi di beberapa titik di kota tersebut.


Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan di Banjarbaru Selasa mengatakan, beberapa aspirasi masyarakat terkait pentingnya pembangunan drainase, telah masuk dalam daftar usulan pembangunan infrastruktur fisik pemerintah provinsi.

"Semoga saja harapan masyarakat tersebut bisa direalisasikan dalam tahun ini, karena telah masuk dalam daftar usulan kegiatan pembangunan daerah," kata Wagub.

Sebelumnya, pada safari Ramadhan Wagub Kalsel, jemaah Masjid Nurul Aman, Kelurahan Bangkal, RT 08 RW 03, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, menyampaikan aspirasi terkait kondisi banjir di permukiman mereka akibat diguyur hujan lebat.

Menurut warga, kondisi banjir di daerahnya tersebut sudah bertahun-tahun terjadi, setipa musim hujan. Sebagai solusi diharapkan pemerintah provinsi membangunkan sarana dranase serta infrastruktur lain sebagai benteng terhadap derasnya air hujan.

Wali Kota Banjarbaru Drs H Najmi Adhani mengatakan, momentum silaturahmi dengan Wakil Gubernur H Rudy Resnawan, merupakan kesempatan efektif pihaknya menyampaikan sejumlah harapan masyarakat terkait sarana dan prasarana penting berupa infrastruktur.

Masyarakat Kecamatan Cempaka, kata wali kota, sangat berharap pemerintah provinsi membangunkan infrastruktur penting berupa pembangunan drainase untuk menghindari ancaman banjir tahunan.

"Tadi saat saya melintasi kawasan ini, kebetulan saat turun hujan sebagian badan jalan terendam air. Solusi untuk penanganannya, penting dibangunkan saluran drainase permanen agar air cepat mengalir ke sungai atau tempat resapan air," katanya.

Dalam silaturahmi Ramadan bersama wakil gubernur dan dihadiri pejabat kedua pemerintahan daerah serta dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah(Forkopimda), Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani juga mengutarakan aspirasi masyarakat lain, yakni ada kebijakan pemerintah provinsi terkait peningkatan ekonomi masyarakat sekitar perkantoran provinsi.

Dalam kesempatan itu, mewakili pemerintah provinsi, wakil gubernur menyerahkan bantuan hibah sosial keagamaan untuk tiga masjid yakni Masjid Nurul Aman, Masjid Baitul Rahman dan Masjid Urul Qahroba. Juga diserahkan bantuan paket sembako serta bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH).

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017