Balangan, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, terus melakukan pengawasan perkembangan harga pasar serta pendataan terhadap harga rata-rata bahan pokok kebutuhan masyarakat di "Bumi Sanggam".

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Balangan, H Zainal Abidin mengatakan, beberapa hari terakhir harga barang ada yang mengalami kenaikan dan ada yang mengalami penurunan.

Untuk data harga sampai Zainal Abidin, saat ini untuk kebutuhan beras dari harga Rp6.000 - Rp13.000/liter, minyak goreng Rp11.000 - Rp15.000 per liter, Daging sapi murni Rp120 ribu/Kg, Telur ayam ras Rp1.300-Rp1.500/butir, Telur Itik Rp2.200-Rp2.500/butir.

Selanjutnya, gula pasir putih Rp13 ribu/kg, gula merah Rp16 ribu/kg, cabe rawit lokal Rp80 ribu/kg, cabe kering Rp70 ribu-Rp80 ribu/kg.

Minyak tanah Rp10 ribu per liter dan gas elpiji 3kg RP20 ribu pertabung, elpiji 12kg Rp160 ribu/tabung.

Beberapa komoditi harga dipasar termasuk ikan segar, ikan asin, sayur mayur dan kebutuhan dapur lainnya akan mengikuti perkembangan harga-harga kebutuhan barang lainnya.

"Perkembangan harga barang kebutuhan non pokok, akan dapat mempengaruhi harga barang kebutuhan pokok lainnya, bahkan sebaliknya," ujarnya.

Saat ini tambahnya, pihaknya tetap melakukan pendataan dan melihat perkembangan harga di pasaran, sehingga apabila harga sembako kian meningkat, pemerintah dan para instansi sekaligus bekerjasama dengan para distributor makanan siap melaksanakan kegiatan pasar murah.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017