Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyebutkan, menjelang H-1 bulan Ramadhan 1438 Hijriah atau tanggal 26 Mei 2017 ini harga daging sapi di pasaran tradisional paling murah Rp120 per kilogram.

"Harga daging sapi dari pantauan kita hari ini (Jumat,26/5) di pasar sentra Antasari bisa dikatakan ada penurunan, sebab ada yang menjual Rp120 ribu per kilogram, ini harga terendah," ujar Kabid Penguatan dan Perdagangan Disprindag Kota Banjarmasin Gatot Harianto di Banjarmasin, Jumat.

Menurut dia, harga daging sapi di pasaran tradisional di daerah ini yang terpantau berkisar Rp120 ribu per kilogram hingga Rp125 per kilogram.

"Besaran harga ini masih bisa dikatakan standar, seperti biasanya demikian juga, tidak ada peningkatan yang signifikan kita nilai," papar Gatot.

Menurut dia, stok daging sapi di Banjarmasin dinyatakan akan aman hingga Ramadhan ini, sebab kebutuhan dapat disuplai dari Kabupaten Tanah Laut.

"Dari keterangan para pedagangnya, sapi-sapi untuk kebutuhan Ramadhan ini dari Palaihari atau Tanah Laut," ujar Gatot.

Dikatakan dia, belum ada keluhan dari pedagang juga pembeli di pasar tradisional yang masuk ke Disperindak akan langkanya ketersediaan komuditas daging sapi ini.

"Kita harap tidak ada lonjakan harga komuditas daging ini kedepannya, dan kita akan memantau terus turun naiknya harga bahan pokok di pasaran, bahkan hingga toko modern," paparnya.

Dikatakan Gatot, hari ini pun (Jumat), pihaknya melakukan sidak ke pasar-pasar tradisional dan toko moderen mendampingi wali kota dan wakil wali kota.

"Dari pantauaan harga bahan pokok hari ini, tidak ada yang mengalami kenaiakan signifikan, termasuk bawang putih, cabe-cabean, daging ayam ras dan ayam kampung, meskipun ada yang naik kisarannya masih rendah antara Rp1000 hingga Rp2000," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017