Martapura (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, mengantisipasi kenakan harga pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) baik Ramadhan maupun Idul Fitri 1438 Hijriah.


Wakil Bupati Banjar Saidi Mansyur di Martapura, Selasa mengatakan, langkah antisipasi yang dilakukan yakni melalui rapat koordinasi ketersediaan pangan menjelang hari besar itu.

"Rapat koordinasi diperlukan agar diketahui ketersediaan bahan pangan dan perkiraan kenaikan harga barang kebutuhan pokok sehingga bisa diambil langkah antisipasi," ujarnya.

Disebutkan, rakor difasilitasi dinas ketahanan pangan dihadiri tim dewan ketahanan pangan, dinas tanaman dan holtikultura, badan pusat statistik dan asosiasi pedagang pasar.

Ditekankan, Pemkab Banjar berupaya menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan termasuk mengantisipasi harga bahan kebutuhan pokok yang melonjak menjelang dua hari besar tersebut.

"Melalui rakor juga bisa diketahui situasi dan kondisi produksi pangan dari masing-masing subsektor disamping bisa menghitung ketersediaan pangan bagi masyarakat," ungkapnya.

Disisi lain, kata dia, koordinasi yang melibatkan pihak terkait perlu dilakukan agar dapat mengidentifikasi potensi dan permasalahan dalam pengembangan cadangan pangan masyarakat.

"Ketersediaan pangan pada intinya diarahkan pada pemenuhan pangan memanfaatkan sumber daya alam agar perkembangan ketersediaan pangan bisa diketahui setiap saat," ucapnya.

Menurut dia, guna mengetahui stok bahan pangan perlu dilakukan pelaporan secara rutin dari waktu ke waktu secara berkelanjutan sehingga bisa diambil langkah antisipasi.

"Hasil pelaporan rutin bisa dievaluasi sehingga diketahui komoditas apa saja yang ketersediaannya kurang termasuk harga komoditas yang melonjak diatas kewajaran," katanya.

Dikatakan, saat ini ketersediaan bahan pangan mencukupi, sedangkan harga sejumlah komoditas juga belum mengalami kenaikan signifikan sehingga tidak dikeluhkan masyarakat

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017