Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Tim Putra Asri Anjar Balangan menjadi juara umum dalam kegiatan napak tilas HUT Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan tahun 2017 di Kabubupaten Hulu Sungai Selatan, kerjasama DPD KNPI HSS dan Dinas Pendidikan HSS, Sabtu (20/5).

Sekretaris Panitia Pelaksana Napak Tilas, Sidik, mengatakan Tim Putra Asri Anjar berhasil membawa pulang tropy bergilir napak tilas yang sebelumnya diraih tim The Kumuh, Kandangan.  Tim ini mendominasi dalam kategori lomba yang dilombakan terdiri dari sportivitas, mental tim, kedisiplinan, penghayatan dan favorit.

Dijelaskan, setelah empat hari semua tim baik dari lokal dan luar daerah melintasi hutan dan pegunungan untuk menapaki jejak sejarah perjuangan rakyat Kalimantan dalam perjuangan memerdekakan Kalimantan dari bangsa penjajah.

Hingga kemudian diproklamirkannya Teks Proklamasi Kemerdekaan rakyat Kalimantan di desa Niih Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Teks Proklamasi tersebut dikenal dengan Proklamasi Gubernur tentara Alri Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

"Napak tilas yang mengambil finish di muka kantor Sekretariat Daerah Hulu Sungai Selatan untuk mengikuti penutupan dan pembagian hadiah kepada para pemenang Lomba dari masing masing kategori yang berkaitan dengan sejarah perjuangan Divisi IV ALRI, "ujarnya.

Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry sambutannya yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan HSS, Nordiansyah, mengatakan,dengan selesainya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat Optimal bagi para peserta,utamanya dalam rangka menapaki kembali sejarah perjuangan di Daerah kita,

"Semua ini berkat kerja keras panitia dan semua pihak sehingga kegiatan Napak Tilas tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar,"ujarnya.

Ditambahkan dengan mengikuti kegiatan Napak Tilas ini para peserta dapat merasakan medan yang berat dan perjalanan yang melelahkan dan beratnya perjuangan para Pahlawan di masa lalu dengan segala keterbatasan mampu berjuang mempertahankan kedaulatan bangsa kita dari Renggutan kaum Penjajah.

Kegiatan ini dihadiri dan turut menyerahkan Trophy, Kepala Dinas Pendidikan Hulu Sungai Selatan, Nordiansyah, Komandan Kodim 1003 Kandangan  Letkol Infanteri Gufron, Ketua KNPI HSS, Agus Andi Riswandi serta dari perwakilan  ALRI Banjarmasin.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017