Banjarbaru Rabu, (Antaranews Kalsel) -  Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru Drs H Muhammad Rustam membuka Lomba Masak serba Ikan Tingkat Kota Banjarbaru kerjasama Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru dengan Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru di Aula UPTD Balai Benih Ikan Kelurahan Mentaos Banjarbaru, Rabu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru H Muhammad Rustam, mengatakan lomba kali ini jauh lebih meriah karena diikuti oleh perwakilan TP PKK Kelurahan, Kecamatan se Kota Banjarbaru.

Diharapkan melalui lomba masak serba ikan ini mampu meningkatkan kreasi ibu-ibu khususnya Tim Penggerak PKK kecamatan sampai tingkat kelurahan untuk menyajikan masakan berbahan dasar ikan. 

"Kegiatan Lomba Cipta Menu ini diharapkan mampu meningkatkan kreasi ibu-ibu dalam menyajikan masakan berbahan dasar ikan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga," kata Muhammad Rustam.

Ia juga berharap para juara Lomba Cipta Menu Olahan Ikan ini nantinya dapat menciptakan menu kreasi masakan ikan yang nantinya dapat menjadikan salah satu wisata kuliner bagi Kota Banjarbaru.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi mengatakan bahwa dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat kota banjarbaru maka perlu adanya upaya meningkatkan minat konsumsi ikan pada masyarakat. 

Sebab menurut berbagai hasil penelitian, ikan memiliki kandungan protein yang tinggi dan rendah kolesterol. Bahkan ada beberapa jenis ikan tertentu yang memiliki kandungan omega 3 yang mengandung asam lemak tidak jenuh (epa), kalsium, yodium, dan DHA.

Berbagai kandungan zat tersebut sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia, diantaranya untuk pembentukan sel otak atau kecerdas­an pada anak, mencegah penyakit jantung koroner dan gondok, menghilangkan­ kekakuan pada persendian tulang, mempertajam retina mata, serta mencegah penu­a­an dini. 

Dan dalam meningkatkan minat masyarakat dalam mengonsumsi ikan yang diolah dengan berbagai cara, maka diadakanlah lomba masak serba ikan ini.

Serta dengan adanya kegiatan lomba cipta menu ini diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi ibu-ibu dalam menyajikan masakan berbahan dasar ikan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga terutama anak-anak balita karena sangat baik untuk kesehatan dan kecerdasan dalam proses tumbuh kembangnya.

Hj Ririen Nadjmi juga berharap agar para juara lomba cipta menu olahan ikan yang pesertanya adalah ibu-ibu Tim Penggerak PKK se Kota Banjarbaru ini nantinya dapat menciptakan menu kreasi masakan ikan yang menambah khasanah kuliner di Kota Banjarbaru. 

Melalui lomba masak serba ikan ini pula, mari kita sukseskan program gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemar ikan) untuk masyarakat dan generasi penerus bangsa.

Melalui lomba cipta menu serba ikan diharapkan dapat memberi motivasi tersendiri dan dorongan ibu rumah tangga agar mereka lebih mampu mencipkaan menu yang beragam. Upaya ini juga harus menjadi sebuah komitmen bagi seluruh penggerak PKK agar turut berpartisipasi aktif  dalam menciptakan keluarga yang sehat, cerdas, mandiri, dan berkualitas.

Pada kesempatan itu keluar sebagai Juara 1 lomba cipta menu serba ikan untuk keluarga diraih oleh Kecamatan Cempaka, Juara II Kecamatan Landasan Ulin, Juara III  Kelurahan guntung Manggis, dan Juara 1 lomba cipta menu serba ikan untuk anak-anak/balita  Kelurahan Cempaka, Juara II Kecamatan Cempaka dan Juara III Kelurahan Guntung Paikat./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017