Kandangan, (Antaranews Kalsel) - 65 Tim dipastikan akan mengikuti kegiatan napak tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2017.

Napak tilas diselenggarakan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Hulu Sungai Selatan (DPD KNPI HSS)  bekerja sama dengan Dinas Pendidikan HSS.

Ketua Panitia Pelaksana H Abdul Hadi didampingi Ketua DPD KNPI HSS Agus Abdi Riswandi mnejelaskan, 65 tim tersebut terdiri dari tim lokal Kabupaten HSS juga dari tim luar daerah.

"Peserta tidak hanya dari HSS tapi juga  Kabupaten Kotabaru, Kota Banjarmasin, Barito Timur dan Barito Selatan, pertemuan teknis sore ini, Selasa (16/5) di Sekretariat Panitia, Lantai II Gedung MTQ Kandangan",ujarnya.

Pelepasan peserta napak tilas dilaksanakan setelah acara puncak peringatan HUT Ke-68 Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2017 yang mengambil tempat di Monumen Mandapai, desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, Rabu (17/5)  Pukul 08.00 Wita.

 Rencananya, kegiatan tersebut akan dilepas langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor.

Menurut dia, acara puncak dan pelepasan peserta napak tilas dilaksanakan di Mandapai, Padang Batung maka ada perubahan rute dan start seperti tahun sebelumnya.

Biasanya,  dilaksanakan kirab peserta di Kota Kandangan, maka tahun ini setelah dilepas, peserta akan menuju Telaga Langsat.

Dari Telaga Langsung peserta menuju Durian Rabung, Padang Batung, disini akan dilaksanakan sarasehan dengan materi Sejarah  Proklamasi Pemerintah Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Melalui sarasehan tersebut, akan disampaikan materi tentang nilai-nilai perjuangan, bahaya narkoba dan materi lainnya, salah satu pemateri akan disampaikan Om Ovil, tokoh muda anak pejuang di HSS.

Napak tilas dilanjutkan lagi siangnya, Rabu (17/5) pukul 13.00 Wita peserta akan langsung menuju Desa Niih Kecamatan Loksado dan Kemudian kembali ke Mandapai, Padang Batung dengan jarak tempuh napak tilas 30 Kilometer selama empat hari.

Jalur  Napak Tilas terdiri dari empat etape lokasi dengan berjalan kaki yaitu Etape 1 dengan jalur Telaga Langsat - Padang Batung, Etape 2 Padang Batung Ni'ih, Etape 3 Ni'ih - Mandapai dan Etape 4 Mandapai-Karang Jawa.

"Selama kegiatan juga akan dilaksanakan beragam lomba untuk memeriahkan kegiatan napak tilas antara lain lomba lagu dan puisi perjuangan",ujarnya.

Dalam kegiatan ini, tropi juara umum berupa piala bergilir yang disiapkan oleh panitia pelaksana dari Gubernur Kalimantan Selatan dan  Danlanal, piagam penghargaan dan aneka ragam doorprize lainnya.

Pewarta: fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017