Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 98 peserta se-Kalsel, mengikuti lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan lomba Pasukan Baris Berbaris (PBB) yang diadakan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Banjarmasin.

"Pelaksanaan lomba PKS dan PBB itu dilaksanakan selama dua hari yaitu hari Sabtu (29/4) dan hari Minggu (30/4) bertempat di halaman Polresta Banjarmasin," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana Sik di Banjarmasin, Minggu.

Dia mengatakan, 98 peserta yang mengikuti lomba tersebut terdiri dari SMP dan SMA sederajat dan semua antusias hingga setiap Polres-Polres dijajaran Polda Kalsel pun mengirimkan perwakilannya dalam perlombaan tersebut.

"Untuk tingkat SMA sebanyak 23 sekolah dan SMP sebanyak 18 sekolah serta perwakilan Polres-Polres yang semuanya berjumlah 98 peserta," ucap Kapolresta Banjarmasin.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka aksi keselamatan dan pembinaan kepada masyarakat khususnya para pelajar untuk pendidikan usia dini dalam mengenal aturan dan rambu-rambu lalu lintas.

Pola pendekatan kegiatan seperti itu ke depannya diharapkan para pelajar tersebut bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Bukan itu saja, para pelajar bisa menyalurkan bakatnya secara positif dan tidak terjerumus dalam hal-hal negatif seperti balapan liar serta Narkoba.

"Lomba PKS dan PBB ini akan menjadi agenda rutin tahunan yang akan diadakan oleh Polresta Banjarmasin," tuturnya usai menyerahkan hadiah kepada pemenang dalam lomba tersebut.

Sementara itu Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol Wibowo di Banjarmasin, usai kegiatan tersebut mengatakan pemenang dalam lomba PKS dan PBB itu dimenangkan oleh SMAN 12 Banjarmasin, yang berlokasi di Alalak Utara, Banjarmasin Utara.

Bukan itu saja SMAN 12 Banjarmasin juga menyabet lima piala lain dengan katagori senam lalu lintas terbaik satu, Danton terbaik serta katagori lainnya.

Diharapkan nanti para peserta lomba itu bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas di jalan raya dan bisa mengingkat teman-temannya untuk lebih mengerti dalam aturan lalu lintas.

"Saya sangat senang karena banyak peserta yang mengikuti lomba tersebut dan semua antusias dan kami juga memberikan sosialisasi tetang aturan lalu lintas kepada seluruh pelajar se-Kalsel itu," ucap alumni Akpol 2005 itu.

Danton peserta dari SMAN 12 Banjarmasin Noor Safitri di Banjarmasin, mengatakan dirinya bersama teman-temannya tidak menyangka bisa memenangkan lomba PKS dan PBB yang dilaksanakan oleh Polresta Banjarmasin.

Bukan itu saja, dirinya juga tidak menyangka bisa menyabet lima piala lainnya dan bisa mengangkat nama baik sekolah bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya seluruh Kalsel.

"Kami latihan rutin dan mendekati hari perlombaan latihan menjadi full dalam seminggu dengan pembina guru olah raga bapak Aulia Ridwan, dan hasil latihan ini tidak sia-sia," tutur perempuan yang baru menduduki kelas 12 di SMAN 12 Banjarmasin. 



Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017