Barabai, (Antaranews Kalsel) - Puluhan pencari kerja di Kabupaten Hulu Sungai Tengah mengikuti pelatihan keterampilan yang dilaksanakan pemerintah daerah guna menciptakan tenaga terampil.

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten HST H Jamhasari di Barabai, Kamis mengatakan peserta mendapatkan pelatihan keterampilan perbengkelan dan prosesing hasil pertanian.

"Untuk meningkatkan kualitas SDM perlu dilakukan pelatihan keterampilan bagi para pencari kerja agar lebih produktif dan mandiri," jelas Jamhasari.

Pelatihan keterampilan sendiri digelar di Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja dan untuk prosesing hasil pertanian dilaksanakan di Desa Banua Batung.

Terpisah Wakil Bupati HST H A Chairansyah mengatakan tingkat pengangguran di wilayah ini lebih rendah dibandingkan Kabupaten-kaKabupaten yang ada di Kalsel.

Namun langkah untuk menekan angka pengangguran harus tetap dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan.

"Kami menyambut baik dengan dilaksanakan pelatihan ini, karena dapat diarahkan kepada peningkatan kewirausahaan masyarakat," jelas Chairansyah.

Para pencari kerja juga diharapkan bisa membaca peluang usaha dan mendirikan usaha sendiri yang secara tidak langsung mereka akan turut menciptakan lowongan pekerjaan," katanya.

Melalui pelatihan ini dapat membantu dan memberikan banyak manfaat untuk menekan tingkat pengangguran dan kemiskinan agar terus berkurang, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan daya saing SDM khususnya HST.

"Seluruh peserta pelatihan bisa menerapkan keterampilan yang diperoleh sehingga mampu membuka lapangan kerja secara mandiri," ungkap Chairansyah.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017