Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Wakil Bupati Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Ardiansyah membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Selasa (25/4).

Ketua FKDM HSS H.Abd Sani dalam laporannya menjelaskan tujuan diselenggarakannya  Rakor dalam rangka menjaring, menampung dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman stabilitas nasional di daerah.

Informasi tersebut kemudian  yang perlu disikapi, di deteksi dini baik menyangkut situasi politik, ekonomi, sosial budaya, keamanan dan ketertiban di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Kabupaten Hulu Sungai Selatan telah berhasil mendapatkan reward oleh FKDM Propinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mana telah aktif dalam menyampaikan berbagai infomasi yang beredar di masyarakat", ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik HSS Efran juga menyampaikan bahwa Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Propinsi Kalsel berkomitmen untuk membangun sinergitas yang baik di Tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan juga Desa.

Selain itu, disampaikannya pula penekanan oleh Dir Intelkam Polda Kalsel diantaranya yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba, deteksi dini yang berkaitan dengan Kamtibmas dan juga adanya lembaga Swakarsa dari masyarakat dalam melakukan aksinya.

Wakil Bupati yang juga Ketua Dewan Penasehat FKDM HSS dalam arahannya menyampaikan  ucapan terima kasih atas peran FKDM yang telah berperan serta aktif untuk memberikan sumbangsihnya dalam memantau secara rutin  situasi politik, ekonomi, sosial budaya, keamanan dan ketertiban di daerah.

Ditegaskannya bahwa tugas FKDM perlu kesabaran dalam menggali informasi tentang kondisi terkini di masyarakat, menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomunikaksikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini

Kemudian FKDM memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi Camat mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat selain pula  tugas FKDM membantu Intelijen yang ada di Polri, Kodim dan juga Kejaksaan.

"Alhamdulillah Polres HSS proaktif dalam menanggulangi dan memberantas Narkoba di HSS dan juga telah berhasil memberikan pengarahan untuk menghentikan pengajian (ajaran sesat/penistaan agama) dan yang bersangkutan telah bersedia untuk menandatangani pernyataan penghentiaan ajaran sesat tersebut",ujarnya.

Rapat koordinasi dihadiri Wakil Bupati HSS H.Ardiansyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana, Kesatuan Bangsa dan Politik HSS Efran, Kepala BNNK HSS Maserup, Perwakilan dari Kodim 1003 Kandangan, Pengurus FKDM Kabupaten dan juga Pengurus FKDM Kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017