Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan Ahmad Mustahdi mengatakan, tiga Kecamatan di Kabupaten Tanah Laut berhasil melakukan budidaya penangkaran bawang merah di lahan seluas lima hektare.

"Tiga kecamatan menjadi tempat budidaya penangkaran bawang merah itu adalah, Kecamatan Pelaihari, Kecamatan Panyipatan dan Kecamatan Takisung," ujar Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Tanah Laut Ahmad Mustahdi, di Pelaihari, Sabtu.

Menurut dia, untuk di Kecamatan Pelaihari penangkaran bawang merah dilakukan di Desa Pemuda dan Desa Ujung Batu masing-masing satu hektare.

Sedangkan penangkaran bawang merah di Kecamatan Takisung, sebut dia, dilakukan di Desa Sumber Makmur seluas satu hektare dan di Kecamatan Panyipatan di Desa Kandangan Lama seluas dua hektare.

Dijelaskannya, bibit digunakan pada penangkaran bawang merah tersebut berasal dari bantuan pemerintah pusat dengan menggunakan bibit unggul.

Berdasarkan hasil panen penangkaran bawang merah di tiga kecamatan seluas lima hektare tersebut, jelas Ahmad Mustahdi, hasilnya cukup menggembirakan yakni, 11,7 ton per hektare.

Keberhasilan budidaya penangkaran bawang merah di tiga kecamatan tersebut, ungkap dia, sebagai cikal bakal pengembangan selanjutnya.

Bawang merah hasil penangkaran tersebut, terang dia, digunakan sebagai bibit budidaya bawang merah di lahan seluas 20 hektare.

Terpisah, Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah mengungkapkan, kegembiraannya atas keberhasilan Tanah Laut membudidayakan penangkaran bawang merah di lahan seluas lima hektare.

Dia mengajak petani di daerah itu untuk mengembangkan budidaya bawang merah karena dari hasil penangkaran hasilnya sangat menjanjikan.

"Dengan keberhasilan itu, maka sangat memungkinkan Tanah Laut menjadi salah satu penghasil bawang merah di Kalsel, setelah Kabupaten Tapin," katanya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017