Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Jajaran TNI Kodim 1008/Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membuka akses jalan Desa Takulat - Baco di Kecamatan Kelua sepanjang 1.200 meter melalui karya bhakti TNI.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung, Kamis mengatakan dibukanya akses jalan dua desa ini merupakan penantian yang cukup panjang dari warga setempat.

"Wilayah Desa Takulat - Baco bisa berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di Kecamatan Kelua dan terima kasih atas peran TNI atas pembangunan ruas jalan ini," jelas Anang.

Karya bhakti Kodim 1008/Tanjung ini semula menargetkan membuka akses jalan sepanjang 1.223 meter dengan lebar 30 meter dan bisa direalisasikan 1.200 meter.

Pembangunan jalan Desa Takulat - Baco sendiri dimulai Nopember 2016 dan diresmikan oleh Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil pada 12 April lalu.

Sebelumnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa oleh jajaran Kodim 1008/Tanjung juga dilaksanakan di Desa Panaan mencakup jalan dari Gunung Kupiah sampai Simpang tiga Desa Kuwari sepanjang 8,9 kilometer dan Desa Miho sepanjang 1,8 kilometer serta pembuatan parit dengan volume 3,3 meter kubik.

Termasuk rehab ruang keterampilan, WC dan UKS SMP Negeri 2 Haruai dengan menerapkan sistem padat karya melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tabalong.

Selajutnya pada Oktober 2017 ini Pemerintah Kabupaten Tabalong juga menggandeng jajaran TNI untuk membangun jalan Desa Walangkir menuju Desa Padangin termasuk normalisasi sungai dari Pasar Arba ke Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017