Kandangan, (Antaranews Kalsel) -  Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry mengatakan agar mahasiswa terutama yang berasal dari daerahnya bisa menjadi pelopor bagi masyarakat untuk bisa membuka dan mengembangkan peluang usaha di daerah.
    

Menurut Bupati di Kandangan Rabu, saat ini daerah dan negara memerlukan generasi muda yang berani berpikir lebih kreatif dan inovatif untuk mempercepat laju pertumbuhan pembangunan dan ekonomi daerah.
    

Mahasiswa atau generasi muda, selayaknya tidak perlu lagi berpikir untuk menjadi pegawai negeri, tetapi berani membuka peluang usaha yang pada akhirnya akan mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat lainnya.
    

"Tantangan masa depan daerah dan negara ini, ada di tangan para mahasiswa/mahasiswi semua, jangan hanya mengharap menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena sekarang ada moratorium penerimaan PNS, ditambah lagi data base honorer yang harus diangkat juga masih banyak," katanya.
    

Menurut Bupati, saat ini masanya generasi muda untuk tidak berpikir apa adanya, tetapi harus berani berpikir dan melangkah dengan seharusnya, sesuai dengan potensi yang ada dalam diri masing-masing.
    

Mahasiswa/Mahasiswi harus mampu mencari  peluang yang lebih baik lagi, dan jangan gengsi untuk melakukan pekerjaan, dengan kemampuan yang telah diperoleh di perguruan tinggi
    

Hal itu disampaikan Bupati sebelum menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa/mahasiswi asal HSS, yang telah menyelesaikan tugas akhir di perguruan tinggi tempat mereka belajar.
    

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung oleh Bupati  secara simbolis kepada perwakilan mahasiswa yang menerima penghargaan. "Pada 2017 untuk penghargaan tahap I diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi sebanyak 203 orang, Diploma III 22 orang, S1 sebanyak 177 orang dan S2 ada 4 orang," ujarnya.
    

Bupati mengatakan penghargaan diberikan sebagai wujud perhatian pemerintah kepada warga masyarakat HSS yang telah selesai menuntut ilmu diperguruan tinggi. Penghargaan juga diberikan kepada siswa-siswi sekolah yang berprestasi di bidang pendidikan lainnya.
    

Asisten Admistrasi Pembangunan dan Kemasyarakat Sekretariat Daerah HSS H Hubriansyah melaporkan penghargaan diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi D3, S1 dan S2 yang telah menyelesaikan tugas akhir diperguruan tinggi, dari tahap I sampai tahap IV sebanyak 411 orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017