Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) -  Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, berupaya meningkatkan sumber daya manusia pengelola  perpustakaan melalui Diklatpim IV Angkatan 23  yang pembukaanya digelar bersamaan dengan diklat bagi pengelola perpustakaan se Kalimantan Selatan.
     
Sekdaprov Kalsel Abdul  Haris Makie mengatakan , tantangan birokrasi ke depan akan semakin berat. Kompetensi seorang pemimpin dalam melaksanakan manajemen organisasi  pemerintahan memiliki peran strategis dalam mencari solusi berbagai persamasalahan yang terjadi,

Begitu pula dalam  pengelola perpustakaan. profesionalitas dalam mengelola dan merawat buku diperlukan keahlian khusus  termasuk penguasaan teknologi informasi yang profesional.
    
Keberadaan badan pengembangan sumber daya manusia di  lembaga pemerintahan daerah,  memiliki peran sentral dalam mempersiapkan dan mencetak sumber daya aparatur daerah yang memiliki kompetensi profesional sesuai bidang kerjanya.   
       
Di Kalimantan Selatan,  satuan organisasi perangkat daerah  yang berperan strategis mempersiapkan SDM aparatur profesional itu bernama Badan Pengembangan  Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Kalimantan Selatan.
   
Instansi ini secara terencana dan terukur  menggelar pendidikan pelatihan kepemimpinan berjenjang, sebagai wujud nyata dalam mendukung visi daerah,  mewujudkan peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang peningkatan kompetensi SDM aparatur.
          
"Pemimpin itu lahir dari zamannya, tidak lahir secara tiba-tiba, tetapi  perlu proses terukur.  Kegiatan diklatpim hari ini, salah satu upaya mencetak kader  pemimpin profesional," katanya.

Dari sini, para peserta diberikan  pelatihan  komprehensif terkait manajemen pemerintahan. Bagi peserta diklat pengelolaan perpustakaan mendapatkan pengetahuan sesuai standar kualitas pengelolaan yang benar.

Abdul Haris berharap,  semua peserta mengikuti diklat secara serius dan memanfaatkannya untuk menimba ilmu,  mengingat media diklat sangat menunjang perbaikan kualitas bagi peningkatan kinerja organisasi tempat di mana peserta mengabdi.       

Ketua Panitia Penyelengara Diklatpim IV Angkatan 23 dan Diklat Pegelola Perpustakaan Tahun 2017,  menjelaskan, tujuan diselengkarakannya diklatpim membentuk kompetensi kepemimpinan operasional dan membentuk pemimpin perubahan yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi pemerintahan di instansi masing-masing.
   
"Tujuan dari diklat keperpustakaan untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian, keterampilan dan sikap pengelola perpusatakaan pemerintah secara profesional dan beretika," terang Heldi. 

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017