Martapura (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Khalilurahman mengatakan, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membantu pemerintah kabupaten memperbaiki infrastruktur khususnya di pedesaan.


"Kami sangat mendukung program TMMD karena membantu Pemkab Banjar membenahi infrastruktur pedesaan," ujarnya saat membuka TMMD dipusatkan di Kecamatan Cintapuri, Rabu.

Menurut bupati, program TMMD yang dilaksanakan selama satu bulan ke depan berupa pembangunan dan pembenahan infrastruktur desa seperti pavingisasi dan pengerasan jalan.

Selain itu, juga perbaikan sarana dan fasilitas sosial seperti rehabilitasi musala, bedah rumah, pembuatan pos keamanan lingkungan dan pembuatan toilet umum yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Pembangunan dan pembenahan infrastruktur jalan desa akan sangat membantu masyarakat karena menjadi penghubung antardesa sehingga bisa memperlancar transportasi," ucapnya.

Bupati juga mengajak seluruh pihak mendukung program TMMD karena kegiatan yang dilaksanakan memajukan infrastruktur desa yang dampaknya sangat besar bagi kemajuan desa.

"Kegiatan TMMD merupakan bukti kemanunggalan TNI bersama rakyat dan setelah dievaluasi, program ini mampu meningkatkan kesejahteraan berbangsa dan bernegara," ujarnya.

Dandim 1006/Martapura Letkol Arm Andi Martopo mengatakan, 150 personel Kodim dan Polres Banjar yang tergabung dalam Satgas TMMD siap bekerja dengan masyarakat setempat.

"Kegiatan berlangsung selama satu bulan sejak 5 April hingga 4 Mei 2017 dengan sasaran kegiatan fisik perbaikan jalan dan infrastruktur lainnya sehingga aksesabilitas meningkat," ujarnya.

Dikatakan, kegiatan fisik dilaksanakan di Desa Cintapuri Dusun Garis Binuang berupa semenisasi jalan sepanjang 1,2 kilomater dan lebar 4 meter sehingga bisa membantu transportasi masyakat.

Selain itu, pembangunan 6 buah box culvert, juga pengerjaan gorong- gorong, pembuatan Pos Kamling, WC umum dan rehab musala termasuk bedah rumah warga tidak mampu.

"Kegiatan non fisik yakni pengobatan dan pelayanan KB gratis, sunatan massal, pasar amal, serta penyuluhan kamtibmas dan bahaya narkoba bagi warga sekitar lokasi TMMD," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017