Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani menyerahkan beras bagi Keluarga Sejahtera (Rastra) di tiga kecamatan yakni Bintang Ara, Haruai dan Tanta guna membantu warga setempat yang tidak mampu.


Menurut Anang di Tanjung, Sabtu, beras bagi keluarga sejahtera ini diberikan bagi keluarga tidak mampu secara gratis masing-masing 15 kilogeram per bulan per Kepala Keluarga.

"Beras gratis melalui program Rastra ini bekerja sama dengan Bulog dan untuk Provinsi Kalsel Kabupaten Tabalong yang pertama kali merealisasikan penyalurannya di tahun ini," jelas Anang.

Penyerahan beras gratis ini diawali di Kecamatan Bintang Ara bertempat di Desa Waling dengan jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS PM) sebanyak 495 KK.

Kemudian dilanjutkan ke Kecamatan Harui dengan sasaran program Rastra sebanyak 736 KK dan Tanta sebanyak 878 KK menerima bantuan yang sama.

Anang menambahkan untuk bantuan beras gratis bagi penerima program keluarga harapan (PKH) akan memanfaatkan beras dari petani lokal dan bukan beras dari bulog.

"Pemerintah daerah akan membeli beras dari petani lokal untuk diserahkan bagi sasaran program keluarga harapan," jelas Anang.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabalong Yuhani menjelaskan bantuan beras gratis bagi sasaran PKH akan disalurkan secara terpisah setelah program Rastra.

"Untuk beras gratis bagi warga penerima program keluarga harapan akan kita serahkan secara terpisah dengan program Rastra reguler," jelas Yuhani.

Tahun ini tercatat sebanyak 5.955 RTM PM di Kabupaten Tabalong yang mendapatkan program Rastra dan 1.032 penerima program keluarga harapan yang akan mendapatkan beras gratis.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017