Rantau, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapin melakukan monitoring langsung pelaksanaan pemeriksaan inpeksi visuan dengan asam asetat atau IVA Test di tiap Puskesmas.

Monitoring yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan di Rantau  Kamis (30/3) menghadiri pelaksaan IVA Test di tiga Puskesmas, yakni Puskesmas Lokpaikat, Puskesmas Binuang, dan Puskesmas Hatungun.

Dikatakan Ratna, ia merasa sangat bangga dan salut terhadap masyarakat khususnya kaum perempuan yang menyempatkan diri untuk melakukan pemeriksaan IVA test yang dilaksnakan serentak di Kabupaten Tapin dari tanggal 29-30 Maret.

Dijelaskannya, tujuan IVA Test ini untuk mendeteksi secara dini tumbuhnya penyakit kanker rahim khususnya pada kaum perempuan sebelum terjadi penyakit tersebut berkembang lebih parah lagi yang bisa mengakibatkan kematian.

"Pemeriksaan ini sangat penting bagi kesehatan rahim kita khususnya perempuan, dan kegiatan ini sudah menjadi agenda tahunan dalam menyelamatkan kaum perempuan dari penyakit ini," ujarnya.

Diharapkannya, dengan kegiatan pemeriksaan gratis ini, setidaknya bisa menyadarkan kita khususnya kaum perempuan mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dalam lingkungan keluarga kita.

"Semoga kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kaum hawa yang ada di Tapin," harap Ratna.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan H Errany Martin mengatkan pelaksanaan IVA Test ini dalam rangka meningkatkan kesehatan kepada kaum perempuan khususnya ibu-ibu dalam mendeteksi dan mencegah secara dini kanker serviks atau kangker mulut rahim.

"Kegiatan yang dilaksnakan selama dua hari ini, kita targetkan sebanyak 1400 peserta," terang Kadis.


Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017