Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga As Syifa Desa Pandulangan mewakili Kabupaten Hulu Sungai Utara pada lomba UP2K tingkat Kalimantan Selatan. Kelompok binaan PKK yang berada di Kecamatan Sungai Pandan ini dinilai cukup berhasil membina berbagai kelompok usaha masyarakat hingga usaha kecil serta warung masyarakat.


Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Anisah Rasyidah di Amuntai, Selasa mengatakan, UP2K As Syifa akan mewakili Kabupaten HSU pada Lomba UP2K tingkat Kalimantan Selatan.

"Pembinaan dilakukan dengan dukungan Program CSR PT Adaro Indonesia serta pembinaan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, sehingga UP2K ini berhasil
membantu pengembangan sejumlah usaha kelompok masyarakat," ujar Anisah.

Anisah mengatakan, UP2K as-Syifa diantaranya membina kelompok Usaha Bordier, usaha hasil ternak seperti telor ayam pedaging dan itik Alabio, usaha kerupuk, kue kering hingga warung-warung makan.

Sebagian besar kelompok usaha ini, kata Anisah, merupakan para perajin dari keluarga kurang mampu sehingga program UP2K ini turut membantu menuntaskan kemiskinan di masyarakat.

Ketua PKK Desa Pandulangan Syahrida Rumiati menuturkan, UP2K memberikan bantuan kredit dari simpan pinjam yang sebagian keuntungan diperuntukan membantu anggota dan insentif tenaga pendidik PAUD di desa mereka.

"Jadi segala keuntungan yang diperoleh dikembalikan bagi kepentingan anggota UP2K, bahkan bisa membantu tenaga pendidik PAUD," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017