Barabai, (Antaranews Kalsel) - Bupati HST Abdul Latif bersama seluruh Kepala daerah se Kalimantan Selatan tanda tangani MoU  Revolusi Hijau dengan Gubernur H Sahbirin nor dan Menteri LH dan Kehutanan Siti Nurbaya  pada  peringatan ke-37 Hari Rimbawan di kawasan Tahura Sultan Adam Mandiangin, Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pelepasan ratusan burung endimik khas Kalimantan, penanaman pohon meranti, pelepasan peserta cross country dan kebut gunung , serta pelantikan duta Tahura.

Menurut menteri, para kepala daerah harus mendukung dan senantiasa menjaga serta menyelamatkan hutan yang sebagian telah rusak dan momentum ini menjadi modal Kalsel untuk konservasi hutan yang terbaik, untuk pelaksanaan hari rimbawan menurutnya Kalsel menjadi terbaik se Indonesia karena semua kegiatan terintegrasi dan partisipatif dengan masyarakat.

"Dalam hal penanganan kebakaran hutan, kabupaten-kabupaten di Kalsel dapat di katakana yang paling sukses, saya mempelajari ada kekerabatan yang sangat kuat antara masyarakat dan pemerintah untuk bersama-sama menyelamatkan hutan," kata Siti Nurbaya.

Di lain pihak, Bupati HST H Abdul Latif menyampaikan sangat mendukung program pemerintah pusat dalam upaya melakukan perbaikan kondisi hutan di Indonesia, yaitu dengan memanfaatkan hutan sosial untuk kesejahteraan sampai ke generasi berikutnya.

"Komitmen kamipun sudah jelas untuk tidak melakukan penanaman sawit dan penambangan batu bara agar tidak merusak alam,"katanya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017