Pelaihari (Antaranews Kalsel) - Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan Bambang Alamsyah mengatakan, awal Juli 2017 pembangunan pelabuhan laut Swarangan di Kecamatan Jorong kembali dilanjutkan pemerintah pusat.

"Kepastian kelanjutan pembangunan pelabuhan laut Swarangan itu setelah dikeluarkannya rencana induk pelabuhan dari Kementerian Perhubungan," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah, di Pelaihari, Rabu.

Menurut dia, sudah dikeluarkannya rencana induk pelabuhan laut Swarangan tersebut, maka tinggal pelaksanaan kelanjutan dari pembangunan tersebut.

Diutarakannya, anggaran dikucurkan untuk kelanjutan pembangunan pelabuhan laut Swarangan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan RI tersebut sekitar Rp168 miliar.

Dalam mendukung percepatan pembangunan pelabuhan laut Swarangan tersebut, jelas bupati, Pemkab Tanah Laut telah menghibahkan lahan seluas enam hektare.

Keberadaan dari pelabuhan laut Swarangan tersebut, ungkap dia, untuk mendukung program pemerintah pusat , dimana Kecamatan Jorong ditetapkan sebagai kawasan strategis nasional.

Dia berharap, dengan dilanjutkannya pembangunan pelabuhan laut Swarangan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Tanah Laut, khususnya dan Kalsel pada umumnya.

Karena dengan adanya pelabuhan tersebut, terang dia, banyak kegiatan ekonomi masyarakat yang terjadi di pelabuhan tersebut.

"Bahkan, terwujudnya pelabuhan laut Swarangan menjadikan Tanah Laut sebagai pintu gerbang bagi Kalsel," ujarnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017