Pelaihari, (Antaranews Kalsel) -  Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan  Syahrian Nurdin bersama Asisten  Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra  Noor Ifansyah,  Kadis Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Laut  Riyadi mengunjungi Tempat Pengolahan Akhir Bakunci, Pasar dan Terminal, Rabu (22/3).


Plt Sekdakab Tanah Laut H Syahrian Nurdi mengatakan, kunjungan ke Tempat Pengolahan Akhir (TPA)  Bakunci tersebut untuk melakukan evaluasi akhir terhadap TPA sebagai salah satu  titik  penilaian Adipura.

“Sebelum Tim Adipura masuk ke TPA Bakunci,   kami akan melakukakan pemantauan titik-titik pantau yang dikunjungi Tim Adipura,” ucapnya.

Namun demikian, sebut dia,  dari sisi lain  masyarakat mendukung kebersihan lingkungan masing-masing, terutama sekali lingkungan yang menjadi titik penilaian.

“Untuk penilaian di TPA salah satu titik pantau yang mempunyai nilai tertinggi dari penilaian Adipura,” terangnya.

Dijelaskannya, TPA bisa menjadi titik edukasi dari siswa – siswi, bahkan sangat diharapkan para siswa SLTP dan SLTA  maupun mahasiswa untuk melakukan kunjungan ke TPA di Bakunci.

“Disini sangat banyak  hal- hal yang bisa menjadi pembelajaran  bagi anak - anak kita,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan,  kalau orang  belum mengunjungi bisa berfikiran kalau TPA itu lokasi tempat pembuangan sampah yang jorok, kotor dan sampah.

“Namun imej ini harus kita luruskan, kalau pengelolaan sampah yang baik di TPA, maka tidak terfikirkan lagi hal-hal yang jorok, kotor dan lainnya,” tegasnya.

Disebutkannya, saat ini  dimana-mana TPA sudah dikelola dengan baik, sehingga  sangat jauh dari opini  selama ini di masyarakat.

“Saya berharap  ada siswa dan mahasiswa  berkunjung ke TPA,  sehingga bisa menyampaikan kepada masyarakat TPA itu merupakan sesuatu hal yang baik dan bukan untuk dihindari masyarakat,” demikian pintanya.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017