Rantau (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, berupaya mengembangkan pariwisata daerah melalui program pengembangan wisata desa untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

Bupati Tapin HM Arifin Arpan di Rantau Selasa mengatakan, pengembangan potensi desa tersebut merupakan terobosan baru untuk mencari pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Beberapa desa yang akan dikembangkan menjadi desa wisata antara lain adalah, Desa Hatiwin Kecamatan Tapin Selatan, yang memiliki potensi wisata alam berupa Danau Hatiwin.

"Danau ini cukup potensial, selain tempatnya yang nyaman, pemandangannya juga cukup menyegarkan mata," ujar Bupati.

Mendukung pengembangan tersebut, Bupati berencana akan mendatangkan konsultan yang mengerti tentang pengembangan obyek wisata, sehingga pembangunan lebih terarah dan bisa menarik wisatawan untuk datang.

"Kita ingin bangunan-bangunan yang ada di darat dan yang apung di danau bisa lebih kita tata lagi, sehingga terlihat lebih baik," tambah Bupati.

Di danau yang berada 30 kilo meter dari kota Rantau tersebut juga menyediakan beberapa fasilitas yang bisa digunakan wisatwan yang datang guna menikmati danau Hatiwin tersebut, seperti perahu kecil (jukung), sepeda air, dan lapangan yang bisa digunakan untuk berkemah.

"Kita harap adanya dukungan masyarakat sekitar untuk mendukung pengembangan danau tersebut, karena kedepannya, hasilnya akan dinikmati bersama-sama juga," harap Bupati.

Selain Danau Hatiwin, Bupati juga mengembangkan Desa Hiyung sebagai pusat pengembangan agrowisata, di mana wisatan bisa menikmati indahnya berbagai tanaman pertanian, tetapi juga bisa belajar untuk bercocok tanam.

Pengembangan potensi desa tersebut, diharapakan ekonomi masyarakat akan benar-benar tumbuh secara merata, bukan hanya di kota tetapi juga dari desa.

Menanggapi rencanan Bupati tersebut, Kepala Desa (Kades) Hatiwin Mubli pun sangat mendukung dan menjamin warganya ikut mendukung dalam mempercantik danau tersebut, karena danau Hatiwin juga menjadi pendapatan tersendiri untuk desa.

"Ini memang kita harapkan adanya perhatian dari pemerintah agar danau ini lebih dikenal orang banyak dan lebih banyak pengunjung," kata Kades.

Sebelumnya Dinas Priwisata melaksanakan Rapat Kordinasi (Rakor) Potensi Wisata yang ada di Tapin yang dihadiri oleh Wabup Tapin, camat se Kabupaten Tapin, kades, pengelola objek Wisata, dan mitra wisata guna mengetahui tempat wisata di Tapin yang potensial untuk dikembangkan di antaranya wisata religi, wisata budaya, dan wisata alam.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017