Barabai, (AntaraNes Kalsel) - Pengurus Bantuan Sukarelawan  Kebakaran (BALAKAR) 654 Murakata Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) periode 2016-2021 dikukuhkan oleh Bupati HST H Abdul Latif di Pendopo Bupati HST, sabtu (11/3) malam.

H Ahmadi Terpilih sebagai ketua umum pada Musyawarah ke 3 yang diselenggarakan beberapa bulan yang lalu yang sebelumnya merupakan ketua Badan Pemadam Kebakaran (BPK) unit Pasar 1 Barabai.

Selanjutnya sebagai sekretaris umum dijabat oleh H Hernadi dari BPK Rajawali. Sedangkan untuk bendahara umum dipercayakan kepada H Zainal Ilmi dari BPK Dharma. Sebagai Pembina adalah bupati HST H Abdul Latif dan Ketua DPRD HST H Saban Effendi.

H Ahmadi dalam sambutannya menyampaikan, bersama pengurus yang baru ini bertekad untuk bekerja dan membawa Balakar 654 Murakata lebih baik dan lebih maju lagi sehingga memberi kemanfaat lebih besar lagi kepada masyarakat.

"Saat ini kami menaungi 44 unit BPK se Kabupaten HST dan mempunyai 2.600 orang relawan akan selalu siap siaga bergandengan tangan dan bersatu padu bekerjasama dengan pemerintah daerah," katanya.

Menurut dia,  pihaknya juga siap berpartisipasi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat, melindungi, mencegah, dan menanggulangibahaya baik kebakaran maupun kegiatan sosial lainnya," katanya.

Bupati HST H Abdul Latif,  juga berpesan agar pengurus Balakar yang baru berbenah diri dan melakukan pembaharuan serta terus meningkatkan kemampuan serta keterampilan dalam mengoptimalkan fungsi dan tugas Balakar.

Sehingga kedepan, kepengurusan yang selama ini telah baik menjadi lebih baik lagi dalam melayani masyarakat.

"Saya juga menghimbau, mari kita bersama-sama melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif daripada responsif, karena lebih baik mencegah daripada harus memadamkan kebakaran, Katanya.

Lebih lanjut Latif menyatakan siap dan bersedia untuk meminjamkan salah satu bangunan Pemerintah Daerah untuk dijadikan Sekretariat Balakar.

"Nanti silahkan ajukan permohonan, biar kursi dan meja-mejanya kami yang menyiapkan, agar Balakar mempunyai sekretariat yang layak, dan proses pelayanan kepada masyarakatpun berjalan dengan lancar,"tambahnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017