Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Delapan perpustakana desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), menjadi percontohan pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi.

Menurut Pustakawan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tabalong Fajar Kusumanto di Tanjung, Jumat, mengatakan tahun ini tiga desa mendapat binaan terkait pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi.

"Sebelumnya kita telah memberikan bimbingan teknis kepada lima desa terkait pengelolaan perpustakaan berbasis teknologi informasi," kelas Fajar.

Perpustakaan yang menjadi percontohan pengelolaan berbasis teknologi informasi diantaranya Desa Kapar, Desa Masukau, Desa Pasar Batu, Desa Mantuil dan Desa Harus.

Sedangkan perpustakaan desa yang mendapat bantuan buku dan binaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalsel ada 70 desa.

Fajar menambahkan saat ini puluhan desa masih belum memiliki desa karena itu melalui dana desa yang bersumber dari APBD kabupaten maupun APBN akan dialokasikan untuk pembangunan sarana ini.

"Rencananya desa meminta bantuan kami terkait pengadaan koleksi buku untuk perpustakaan dengan menggunakan dana desa," jelas Fajar.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017