Balangan, (Antaranews Kalsel) - PT Adaro Indonesia dan mitra kerjanya memberikan pelatihan tentang penanggulangan bencana kebakaran kepada anggota karang taruna di Kecamatan Paringin. 

Kegiatan yang dilakukan di kantor Kecamatan Paringin ini, diikuti oleh 30 anggota karang Taruna dari seluruh desa yang ada di Paringin.
 
Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Arbian Arifien, camat Paringin memberikan apresiasi terhadap PT Adaro Indonesia dan mitra kerjanya yang telah mendukung penuh kegiatan ini.  
 
"Saya berharap, setelah pelatihan ini teman-teman karang taruna dapat membantu tim pemerintah dalam mengatasi bencana," ujarnya.
 
Sementara itu, Danramil Paringin, Kapt Inf Mahmud Dalli yang turut hadir dalam acara pembukaan juga mengharapkan karang taruna mampu secara aktif membantu pemerintah dan instansi terkait, terutama dalam menghadapi ancaman kebakaran lahan pada musim kemarau panjang.
 
Peserta diberikan pemahaman mengenai definisi api dan kebakaran secara umum serta teknik-teknik pemadamannya .
 
Instruktur yang berasal dari tim Safety & Rescue PT Adaro Indonesia, PT PAMA, dan PT Buma juga menekankan pentingnya mengutamakan keselamatan diri sendiri sebelum menolong orang lain, untuk mencegah timbulnya korban yang lebih banyak.
 
Hurmansyah, Ketua Karang Taruna Kecamatan Paringin sekaligus ketua acara mengatakan, anggota karang taruna sangat terbantu dengan adanya kegiatan, ini terutama dalam mengetahui teknik pemadaman yang paling tepat bilamana terjadi kebakaran serta pengetahuan untuk dapat mengidentifikasi bahaya dalam sebuah kebakaran.
 
Menurut Fajerianur Mus’adi, CRM Section Head PT Adaro Indonesia, kegiatan yang didukung oleh PT Pama, PT BUMA, PT APM, PT United Tractor, serta PT Trakindo ini, mengadaptasi konsep serupa yang sudah dilakukan untuk karang Taruna di Kecamatan Juai akhir tahun lalu.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017