Peringatan Hari Santri Nasional 2024 di Provinsi Kalimantan Selatan diramaikan dengan gelar pentas seni yang dilangsungkan di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Kota Banjarbaru, Selasa.
 
Menurut Kepala Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tambrin di Banjarmasin, Selasa, pentas seni yang digelar, yakni seni kasidah dan seni kaligrafi Islami.
 
Diungkapkan dia, ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di provinsi setempat berpartisipasi untuk memeriahkan pentas seni tersebut sehingga jadi sangat meriah dan menghibur.
 
"Pentas seni digelar setelah upacara hari santri di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin yang diikuti ribuan santri dari tiga daerah, yakni Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar," ujarnya.
 
Tambrin menyampaikan, para santri di pondok pesantren memiliki kreativitas yang tinggi dalam bidang seni, khusus bidang seni islami, seperti kasidah dan seni kaligrafi.
 
"Bahkan bisa dilihat juga pada upacara tadi para santri dari Ponpes Daarul Hijrah Banjarbaru memperlihatkan kebolehan dalam drumband," ujarnya.
 
Tambrin meyakini santri-santri yang tampil merupakan santri pilihan yang telah mendapat kepercayaan membawa nama baik pondoknya.
 
"Tentu di dalam kegiatan ini ada penilaian utusan mana yang terbaik, namun kemenangan dan kekalahan masing-masing memiliki harga yang sama, yaitu santri Indonesia yang siap memberikan yang terbaik untuk negara dan agama," ujarnya.
 
Tambrin menyampaikan, peringatan Hari Santri Nasional tahun ini dengan semangat juang yang dinamis dan terus berlanjut menuju masa depan yang lebih baik.
 
Sesuai tema, kata dia, yakni "Menyambung juang merengkuh masa depan" dengan artian, menyambung juang adalah frasa yang berarti meneruskan semangat juang. Kemudian merengkuh masa depan adalah yang berarti bergerak bersama menuju sejahtera.
 
"Tema ini menyimbolkan perjuangan berkelanjutan para santri dalam merengkuh masa depan yang sejahtera, dengan semangat, keberanian dan nilai-nilai luhur yang selalu dijaga dan diteruskan," demikian katanya.
 
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024