Ribuan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Assisted Computer Test (CAT).
 
"Pelaksanaan SKD berbasis CAT untuk pelamar CPNS Kemenag Kalsel berlangsung 19-23 Oktober 2024," ujar Kepada Kanwil Kemenag Kalsel H Muhammad Tambrin di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Kemenag Kalsel-KPK bahas pendidikan antikorupsi di madrasah
 
Dia menyampaikan, pelaksanaan dipusatkan di Gedung Idham Chalid perkantoran Gubernur Kalsel di Kota Banjarbaru.
 
"Hari ini saya mengunjungi langsung ke tempat tersebut untuk melihat langsung pelaksanaannya," kata Tambrin.
 
Dia pun memberi semangat kepada para panitia penerimaan yang telah bekerja keras dari tahap verifikasi berkas atau tahap pertama, yaitu seleksi administrasi guna memilah peserta yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan untuk maju ke tahap kedua sekarang ini.
 
"Hari ini hari pertama, mudah-mudahan tetap semangat, sehat, kuat sampai hari kelima, karena setelah ini akan menuju tahap ketiga, yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan terakhir tahap keempat, yaitu pemberkasan penetapan NIP CPNS," ujar Tambrin.
 
Dia menyampaikan, ada sebanyak 7.444 pelamar CPNS Kemenag Kalsel tahun 2024 yang memperebutkan sebanyak 231 formasi.

Baca juga: Kemenag Kalsel: Pelamar CPNS lulus seleksi administrasi bertambah
 
Adapun satuan kerja pada formasi itu di Kanwil Kemenag Kalsel, kata Tambrin, yakni di UIN Antasari Banjarmasin, Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin dan satuan kerja Kementerian Agama lainnya.
 
Pada sesi seleksi ini, ungkap dia, setiap harinya sebanyak 500 orang, yakni untuk materi CAT SKD ini adalah tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP).
 
Terdapat 110 butir soal yang diujikan, meliputi 30 butir soal TWK, 35 butir soal TIU dan 45 butir soal TKP.
 
Adapun nilai ambang batas pada SKD CPNS Kemenag Kalsel adalah 65 untuk TWK, 80 untuk TIU dan 166 untuk TKP, yakni dengan nilai kumulatif tertinggi 150 untuk TWK, 175 untuk TIU dan 225 untuk TKP.

Baca juga: 1.128 pelamar CPNS guru akidah akhlak di Kalsel
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024