Balangan, (Antaranews Kalsel) - Masyarakat di sepanjang aliran sungai di Kecamatan Juai dan Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan,  dikejutkan oleh keruhnya air sungai menjadi seperti susu kecoklatan, diluar dari keruhnya air biasanya, Kamis (16/2).

Dikatakan warga Kecamatan Juai, Amang dan Lana, air di sekitar desanya sudah sejak dini hari berubah warna menjadi keruh seperti lumpur.

"Air keruh itu mulanya dari anak sungai tutupan, kami melihatnya sejak dini hari, saat akan melakukan aktivitas menyadap karet pada subuh Kamis, dan saat siang sudah mulai masuk ke aliran sungai batang Balangan," ujarnya.

Tidak diketahui penyebab keruhnya air tersebut, namun warga yang masih banyak bergantung pada air sungai untuk kehidupan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan memasak, enggan menggunakan air tersebut.

Hal ini lanjut Amang, pernah terjadi sebelumnya pada 2015 silam, dimana air sungai batang Balangan berubah warna karena tercemar air pengolahan limbah tambang yang bocor.

"Kita tidak berani memastikan apa itu dari tambang, hanya saja keruhnya air tersebut sejak dini hari, yang bermula dari anak sungai tutupan di Kecamatan Juai," jelasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017