Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mencetak calon atlet basket melalui turnamen Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi Cup 2024) antar pelajar.

"Perbasi Cup kali ini diikuti sebanyak 22 peserta, terdiri dari SMP dan SMA," kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kabupaten Tanah Bumbu M. Putu Wisnu Wardhana, di Batulicin Jumat.

Wisnu mengatakan, peserta putra tingkat SMP yang mengikuti sebanyak lima sekolah, dan peserta putri sebanyak empat sekolah.

Peserta putra tingkat SMA yang mengikuti sebanyak tujuh sekolah dan peserta putri tingkat SMA sebanyak enam sekolah. 

Pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kepada Perbasi Kabupaten Tanah Bumbu yang telah ikut bersama memberikan wadah untuk mencetak generasi muda berprestasi, terutama di bidang olahraga.

Menurut Wisnu, turnamen ini selain sebagai ajang silaturahmi antar pelajar SMP dan SMA se Kabupaten Tanah Bumbu pertandingan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas mental dan fisik yang lebih baik.

Agar kedepannya lanjut Wisnu, Kabupaten Tanah Bumbu memiliki generasi muda yang berkualitas, fisik sehat, tangguh, tumbuh, berdaya, dan berhasil, untuk mencapai tujuan yang baik, seperti memperkuat karakter bangsa, meningkatkan persatuan dan persaudaraan, serta meningkatkan prestasi olahraga bola basket. 

Ia menyebutkan kegiatan seperti ini sangat bagus, karena mengandung nilai-nilai kerjasama tim dalam sebuah kompetisi, mengedepankan rasa sportivitas, dan solidaritas.

Karena dengan adanya kompetisi yang sehat, tentu akan menimbulkan daya juang yang baik bagi setiap individu, momen dan semangat yang sama pula wajib diaplikasikan dalam membantu pembangunan daerah.

Sementara itu, Ketua Perbasi Tanah Bumbu Dading Kalbuadi mengatakan turnamen ini adalah wadah bagi para siswa untuk mengekspresikan bakat dan kemampuan mereka di bidang olahraga, khususnya basket.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar sekolah dan mendorong semangat kompetisi yang sehat di kalangan generasi muda.

"Terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada Basket Ball Perbasi Cup 2024. Termasuk para panitia, sponsor, serta semua guru dan pelatih yang telah membimbing para atlet," ucap Dading. 

Dading juga berharap dukungan dan kerja keras dapat menjadikan pertandingan ini sukses dan berkesan.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024