Balangan, (Antaranews Kalsel) - Satu unit perahu merupakan bantuan Departemen Sosial Republik Indonesia  lengkap dengan dua mesin yang diserahkan pada tahun 2007 kepada Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Balangan, Kalsel, tidak terpakai selama bertahun-tahun.

Perahu rescue Depsos RI No DIPA 0331.0/027-05.0/--/2007 ini kini hanya terparkir disamping kantor Dinas Sosial Kabupaten Balangan, karena tidak sesuai dengan kondisi sungai wilayah setempat.

Kepala Dinas Sosial Balangan, Ribowo mengungkapkan, perahu tersebut tidak sesuai dengan kondisi sungai setempat, karena terlalu besar, serta gelombang yang dihasilkan juga terlalu kuat.

"Kita pernah sekali mencoba disungai Balangan, namun hasilnya keramba ikan warga banyak yang rusak, karena gelombang yang dihasilkan cukup besar dan kuat," ujarnya.

Memang seharusnya, dengan kondisi kita yang sering mengalami kebanjiran, khususnya wilayah Kecamatan Juai, perahu ini dapat digunakan.

"Akan tetapi, daripada memunculkan masalah baru bagi warga, lebih baik kita gunakan perahu karet seadanya untuk penanganan banjir dan evakuasi warga," terangnya.

Selanjutnya tambah Ribowo, perahu tersebut rencananya akan diletakkan di wilayah Kecamatan Juai, yang merupakan daerah rawan banjir, sehingga jika memungkinkan untuk digunakan, tidak perlu jauh untuk mengambilnya.

"Sesuai arahan Dinas Sosial Provinsi Kalsee, perahu tersebut akan dipindahkan ke Kecamatan Juai, siapa tahu bisa digunakan, daripada mubazir dan sia-sia, kemudian saat ini kita akan upayakan dulu untuk penempatannya, agar tetap terawat dan terjaga," pungkasnya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017