Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meluluskan sebanyak 1.300 orang di wisuda ke-121 tahun 2024 dengan status akreditasi A untuk institusi sebagaimana yang diterbitkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Alhamdulilah ada 1.300 orang diluluskan kali ini, ULM kembali memberikan sumbangsih mencetak SDM berpendidikan tinggi di Kalimantan Selatan," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri saat memimpin gelaran wisuda di Auditorium ULM di Banjarbaru, Selasa.

Status akreditasi memang sempat menjadi kekhawatiran mahasiswa ULM semenjak mencuatnya kasus skandar guru besar.

Kabar yang mengatakan akreditasi ULM diturunkan pun buru-buru ditepis sang rektor dan terbukti hari ini lulusan dilepas dengan mengantongi ijazah berlabel akreditasi A.

"Jadi tidak ada yang namanya akreditasi diturunkan, melainkan ULM diminta melakukan akreditasi ulang atau re-akreditasi dan saat ini masih berproses untuk kita mempertahankan akreditasi A atau naik menjadi Unggul," tegas rektor.
Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri saat mengukuhkan wisudawan dan wisudawati terbaik di wisuda ke-121 di Auditorium ULM di Banjarbaru, Selasa (15/10/2024). (ANTARA/Firman)


Kualitas lulusan sendiri pada wisuda kali ini disebutkan rektor meningkat kualitasnya baik dari sisi indeks prestasi kumulatif (IPK) maupun masa studi yang semakin singkat.

Hal tersebut menurutnya menunjukkan komitmen ULM mengawal prestasi akademik mahasiswa hingga rata-rata berhasil lulus dengan nilai memuaskan yakni IPK di atas 3,00.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie melaporkan jumlah wisudawan dan wisudawati terdiri dari Program Diploma 39 orang, Program Sarjana 993 orang, Program Pendidikan Profesi 71 orang, Program Magister 196 orang dan Program Doktor satu orang dari Ilmu Lingkungan.
   

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024