Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan atau BAPPEDALITBANG Kalimantan Tengah (Kalteng) berdiskusi perencanaan pembangunan.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel Mustaqimah mengemukakan itu ketika dikonfirmasi,.Selasa sesudah studi komparasi (kaji tiru) ke provinsi tetangga yaitu "Bumi Isen Mulang" (pantang mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng.

Baca juga: Bappedalitbang Tanah Bumbu gencarkan program inovasi melalui "Serasi"

"Dalam pertemuan dengan BAPPEDALITBANG Kalteng kita sharing terkait program perencanaan pembangunan di provinsi mereka Tahun 2025," ujar Mustaqimah atau "Srikandi" Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Menurut wakil rakyat bergelar Apoteker, Sarjana Farmasi dan MSi itu Kalsel dan Kalteng memiliki kesamaan kesamaan, baik infrastruktur maupun sarana prasarana.

"Jadi kita saling sharing tentang bagaimana hal-hal yang berguna dalam perencanaan pembangunan di daerah masing masing. Banyak sekali masukkan yang dapat kita ambil dari kunjungan ke Kalteng dan akan kita terapkan di Kalsel,” ujar Mustaqimah.
 
Rombongan Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel saat kunjungan ke BAPPEDALITBANG Kalteng di Palangkaraya, Senin (14/10/2024). (ANTARA/HO-Humas Setwan Kalsel)


Sementara itu, Kabid Perencanaan dan Evaluasi Pembangunan Daerah BAPPEDALITBANG Kalteng Lukman Al Hakim sangat senang sekali dengan kedatangan Komisi III DPRD Kalsel untuk sharing terkait dengan perencanaan pembangunan pada provinsi masing-masing.

"Kita bisa saling berbagi masukkan-masukkan tentang perencanaan pembangunan di daerah masing masing. Di Kalteng yang kami utamakan pembangunan infrastruktur seperti jalan, jembatan serta sarana dan prasarananya," ujar Lukman .

Begitu pula mungkin halnya di Kalsel. Hal tersebut tentu tidak lepas dengan keterkaitan dari pihak DPRD baik dalam hal perencanaan maupun anggaran dan pelaksanaannya. lanjut Lukman.

Baca juga: Bappedalitbang dorong inovasi pasar di "Bumi Bersujud"

Mendampingi kunjungan kerja (kunker) Komisi III tersebut Wakil Ketua DPRD Kalsel Desy Oktavia Sari dan turut menyertai Plt Kabid Perencanaan Pengendalian dan Eavaluasi Pembangunan Daerah provinsi setempat,Theodorik Rizal Manik berserta staf.

Kunker ke Bumi Isen Mulang Kalteng itu sebagaimana terjadwal, 13-15 Oktober 2024  selain untuk memperoleh masukkan-masukkan dalam hal perencanaan pembangunan daerah masing masing, juga memperkuat silaturahmi sebagai provinsi terdekat di Kalimantan.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024