Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan Pusat Persemaian Liang Anggang atau PLA (sekitar 27 km utara Banjarmasin), Kota Banjarbaru dapat menjadi penopang "Gerakan Revolusi Hijau" provinsinya.

Ketua DPRD Kalsel dua periode itu mengemukakan harapannya usai menghadiri peresmian Pusat PLA tersebut di Kelurahan Landasan Ulin Barat, Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru, Senin.

Baca juga: Menteri LHK kunjungi Pembangunan Persemaian Liang Anggang (PPLA) Kalsel

"Lebih dari itu, kita harapkan pula keberadaan Pusat PLA mendukung komitmen Indonesia dalam percepatan National Determined Contribution (NDC) dan Forest and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030," ujar Supian HK.

Harapan anggota DPRD Kalsel tiga periode itu cukup beralasan, karena kapasitas produksi Pusat PLA tersebut 10 juta batang bibit pertahun serta atas kerja sama pemerintah Indonesia dengan pihak swasta nasional.

Sebagai wakil rakyat, Supian HK mengapresiasi atas pembangunan Pusat Persemaian Liang Anggang dengan skema "public private partnership" antara Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia dan PT. Adaro Indonesia.

“Terimakasih kepada Ibu Menteri yang datang langsung meresmikan persemaian di Kalsel. Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan serta sinergi untuk pembangunan lingkungan dan kehutanan wabil khusus daerah Kalsel.” kata Supian HK.

Baca juga: Persemaian KPH Tabalong dukung rehabilitasi hutan

Ketua DPRD Kalsel H Supian HK saat menghadiri peresmian Pusat Persemaian Liang Anggang (sekitar 27 km utara Banjarmasin) di Kelurahan Landasan Ulin Barat Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru, Senin (14/10/2024) (ANTARA/HO Humas Setwan Kalsel.)

Pada peresmian Pusat PLA tersebut Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintsh Provinsi (Pemprov) Kalsel menyiapkan dengan baik rencana kerja untuk FOLU Net Sink 2030.

“Terus terang Kalsel memang termasuk yang terbaik dalam pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), dan kemarin Pak Ketua DPRD-nya terima penghargaan 'Award Green Leadership'. Terima kasih DPRD dan Pemprov Kalsel karena sama sama kompak dalam kebijakan politik tentang RHL.” ucap Siti Nurbaya Bakar.

Dalam peresmian Pusat PLA tersebut hadir Duta Besar Norwegia untuk Indonesia dan Timor Leste Rut Kruger Giverin, Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir, Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (Dirjen PDASRH) Dyah Murtiningsih, serta Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov);Kalsel Roy Rizali Anwar.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024