Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan meresmikan berdirinya apotek pendidikan yang bertempat di kampus ULM Banjarbaru.

Menurut Rektor ULM Banjarmasin Prof Sutarto Hadi, Jumat, didirikannya apotek pendidikan ini untuk menunjang jurusan baru yang dibuka ULM, yakni, pendidikan profesi apotiker.

"Selain untuk tempat praktik pendidikan mahasiswa kita, apotek ini juga dibuka untuk umum," ujarnya saat meresmikan apotik tersebut, Jumat.

 Menurut Sutarto, didirikannya apotek ini sebagai sebuah syarat bagi jurusan yang dibuka ULM berkaitan dengan itu, dan kuliah perdananya juga digelar pada Jumat (10/2) secara serentak.

Jurusan pendidikan profesi apoteker ini, tambah dia, dibuka ULM untuk menjawab masih minimnya SDM yang berpengalaman dan sesuai keilmuannya bekerja di apotik-apotik.

"Kita akan beri contoh, beginilah apotek yang benar, dengan SDM yang ahli," ucapnya.

Selain ingin mencetak SDM apoteker ahli, Sutarto juga mengungkapkan, ULM juga akan mencetek dokter-dokter spesialis yang ahli.

"Jurusan pendidikan dokter spesialis juga sudah kita buka, ini merupakan langkah maju bagi kampus kita," paparnya.

Menurut dia, ULM sudah banyak mencetak sarjana-sarjana kesehatan, di mana sebagian besarnya sudah mengabdi diri di rumah-rumah sakit daerah, bahkan di tempat kesehatan terpencil.

Dalam kegiatan peresmian apotik pendidikan ULM yang letaknya berseberangan pascasarjana ULM di kampus ULM di Banjarbaru tersebut, Jumat, hadir Wakil Wali Kota Banjarbaru Darmawan Jaya dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) ULM H Gusti Rusdi Effendi HR.

Pewarta: sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017