Barabai, (Antaranews Kalsel) - Arsani warga Desa Kias Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS) kini bisa tinggal dengan lebih nyaman setelah  rumah yang di tempatinya menjadi salah satu program bedah rumah TP PKK Kalsel melalui  dana CSR Bank Kalsel  yang dilaksanakan serentak di 13 kabupaten /kota.

Arsani mengungkapkan, sangat terharu dan berterima kasih kepada TP PKK dan  Bank Kalsel, yang  telah membedah rumahnya sehingga keluarganya lebih  layak seperti saat ini.

"Saya tidak pernah terpikir bisa memperbaiki rumah menjadi sebagus ini. Awalnya rumah saya beratap rumbia dan kondisinya telah miring,  sekarang sudah beratap seng, dan kondisinya sangan bagus," katanya.

Ketua TP PKK HST Ernawati Chairansyah mengatakan, rumah tersebut dapat menjadi percontohan bagi warga yang lain. Selain itu, pihaknya juga membuatkan kebun untuk tanaman obat keluarga.

"Diharapkan warga yang lain juga bisa memanfaatkan pekarangan untuk dimanfaatkan, sehingga bisa bernilai ekonomis, " ucapnya.

Wakil Bupati HST HA Chairansyah, didampingi Kepala Bank Kalsel cabang Barabai Deddy setiawan mengaku berterima kasih kepada TP PKK Kalsel atas pemikiran, dan programnya yang langsung menyentuh masyarakat khusunya di HST.

"Bedah rumah kali ini  dilakukan dari awal lagi, sehingga layak untuk dihuni. Kami berharap di tahun 2017 nanti akan ada program bedah rumah seperti ini lagi. Sehingga kedepannya tidak ada lagi rumah yang tidak layak huni di HST," ungkapnya.

Dirinya mengingatkan kepada masyarakat Desa Kias, agar bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan tanaman obat, atau sayur mayur. Sehingga bisa menghidupkan perekonomian di Desanya, paling tidak untuk keluarga.

Pewarta: M Taufik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017